Pemberantasan Buta Aksara dan Bekal Hidup Mandiri Masyarakat Onggaya Distrik Naukenjerai Kabupaten Merauke Papua

Adi Sumarsono(1*), Yus Widarko(2), Dina Fitri Septarini(3)

(1) Universitas Musamus
(2) Universitas Musamus
(3) Universitas Musamus
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengabdian KKN-PPM ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu langsung kepada masyarakat sebagai implementasi ilmu dari lingkungan akademik. Dua hal yang menjadi tujuan dari program ini adalah pemberantasan buta aksara dan bekal hidup mandiri kepada masyarakat yang ada di Kampung Onggaya, Distrik Neukenjerai yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pemberdayaan masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui cara pelatihan, penerapan dan pendampingan. Pelaksanaan KKN ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020, yang tentunya bersamaan dengan masa pandemi VIRUS COVID-19 yang sudah universal. Kegiatan KKN/PPM ini dilaksanakan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan yang sudah diwajibkan oleh pemerintah. Hasil kegiatan dari KKN-PPM ini adalah diterapkannya ilmu sesuai dengan metode dan sasaran ke masyarakat. Secara kuantitatif fokus pendidikan dalam mengajarkan dasar calistung sudah sesuai dengan target, capaian dari subyek yang sudah berpartisipasi meningkat, pengetahuan serta pemahaman subyek juga mengalami peningkatan 19,69%. Hal ini dikarenakan lebih pada cara dan gaya pembelajaran yang konstektual sesuai dengan karakteristik keadaan masyarakat. Fokus dari bidang pertanian sudah mengalami peningkatan dalam mengenal ragam membuat pupuk secara alami, cara tanam yang lebih fleksibel dengan keadaan karakteristik lahan petani setempat. Hasil dari kegiatan bekal hidup mandiri dalam bercocok tanam bidang pertanian juga mencapai 20%, hal ini karena dukungan masyarakat yang semangat dalam menggunakan lahan miliknya, serta motivasi masyarakat untuk menghasilkan hasil tanaman dengan hasil yang lumayan saat pandemi COVID-19

Keywords

buta aksara, hidup mandiri,Onggaya, Naukenjerai

References

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 48.

Asmat, B. K. (2016). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2015 di Kabupaten Asmat. Agats: BPS Kabupaten Asmat (BRS-02/BPS-9415/Th. I 26 Juni 2016.

Asmat, B. P. (2018). Indikator IPM. Asmat: BPS Asmat.

BPS Kabupaten Asmat, B. (2016). Kabupaten Asmat dalam Angka. Asmat: BPS Kabupaten Asmat.

BPS, K. (2017). Statistik Daerah Kabupaten Asmat. Asmat: BPS Asmat.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 , 56.

DIKTI. (2019). Kiprah Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan 2015-2019. Jakarta: Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan DIKTI.

Firman, & Rahman, S. A. (2020). Pembelajaran Online ditengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Science (IJES) Vol. 2 No. 2, 85.

Kartono, A. (2013, Juli). https://regional.kompas.com/read/2013/07/04/1813406/Beginilah.Potret.Pendidikan.di.Kabupaten.Asmat. Diambil kembali dari https://regional.kompas.com/read/2013/07/04/1813406/Beginilah.Potret.Pendidikan.di.Kabupaten.Asmat: https://regional.kompas.com/read/2013/07/04/1813406/Beginilah.Potret.Pendidikan.di.Kabupaten.Asmat

Malawat, I., & Mofu, H. (2018). Tradisi suku Asmat dalam Roman Namaku Teweraut Karya Ani Sekarningsih. Retorika, Jurnal Bahasa dan Sastra dan Pengajarannya, 155.

Palobo, F., Ayakeding, E., & Baliadi, Y. (2017). Prospek Usahatani Kacang Hijau dalam Pemanfaatan Lahan di antara Pertanaman Kelapa pada Wilayah Perbatasan Merauke Papua . Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka kacang dan Umbi, (hal. 503). Jayapura.

Perkebunan, D. J. (2016). Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017. Jakarta: Sekretariat Derektorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 30.

Sumarsono, A., & Mubarokah, F. (2019). The Developement of Learning Method “Imagination Box”: An Effective and Efficient Method to Evaluate Student’s Understanding. Jurnal Pendidikan Progresif Vol. 9 No. 1, 59.

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2018). Implementation Interactive Media and Characterized Meme Media: A Comparation Study. Journal of Education and Vocational Research (ISSN 2221-2590) Vol. 9, No. 1.

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2019). Peluang Media Interaktif dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Edutama Pendidikan, 12.

Sumarsono, A., & Wasa, C. (2018). Traditional Sasi wisdom in Papua-based nature conservation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (hal. 5). Makassar: IOP Publishing.

Sumarsono, Adi ; Santo, Zem ; Hidayat, Afif Khoirul. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam pada Sekolah Dasar Daerah Perbatasan RI-PNG. Seminar Nasional Kependidikan Inovasi pendidikan dan pembelajaran dalam rangka percepatan pembangunan didaerah pinggiran (hal. 28). Merauke: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus Merauke.

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 6 No. 2, 6.

Article Metrics

Abstract view(s): 412 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 373 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.