Pendampingan Promosi Digital SMA Muhammadiyah Piyungan untuk Meningkatkan Jumlah Pendaftar di Masa Pandemi Covid 19

Erwan Sudiwijaya(1*), Ayu Amalia(2)

(1) Communication Studies Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kemunculan Peraturan Mendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)  pada pasal 16 menyebutkan bahwa pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur zonasi sebesar 90% dari daya tampung. Kondisi ini ditambah dengan Pandemi Covid 19 yang berdampak langsung pada menurunnya jumlah pendaftar di SMU Muhammadiyah Piyungan, salah satu penyebabnya ditengarai karena aktivitas promosi fisik yang menurun karena pemberlakukan pembatasan fisik. Hal ini berimbas pada menurunnya jumlah pendaftar di SMA Muhammadiyah Piyungan, saat ini total peserta didik di tahun 2019/2020 berjumlah 60 orang. Oleh karena itu guru-guru pengelola SMA Muhammadiyah Piyungan berinisiatif untuk mengubah format sekolah mereka agar memiliki kekhasan, yaitu sebagai Muhammadiyah Boarding School dan menyasar target siswa yang lebih luas yaitu dari luar kota. Namun masih terkendala dalam mempromosikan secara digital pada calon siswa dan orang tua siswa. Dalam upaya menyelesaikan permasalahan mitra yang sudah dirumuskan di atas, maka kami merencanakan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menyusun strategi promosi digital. Tahap-tahapan metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah 1) analisis kebutuhan dan situasi; 2) perencanaan dan pengembangan sistem informasi; 3) pengenalan dan pelatihan sistem informasi; dan 4) evaluasi hasil pelatihan. Kegiatan PKM ini menghasilkan sebuah sistem informasi berupa website yang terintegrasi dengan instagram, peningkatan keahlian yang dimiliki oleh guru dan tenaga pendidik dalam mengelola dan mengembangkan promosi digital dan seperangkat PC All in One sebagai alat pendukung pengelolaan promosi digital. Dengan demikian diharapkan SMA MBS Muhammadiyah Piyungan dapat dikenal lebih luas dan peminatnya pun meningkat.

Keywords

: SMU Muhammadiyah Piyungan, Promosi Digital, Komunikasi Pemasaran Digital

References

Kompasiana.com. (2019, June 9). Retrieved October 1, 2020, from https://www.kompasiana.com/deviniq/5d03e485c01a4c4a0855d7b9/sistem-zonasi-melumpuhkan-sekolah-swasta?page=all.

Kusdiyanto, Y. (2020, May 20). Harianjogja.com. Retrieved October 1, 2020, from https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2019/05/20/513/993450/sistem-zonasi-tak-untungkan-sekolah-swasta

Wijayanti, M. P., & Nurjaman, A. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi PPDB sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan , 8 (1).

Wahyudi, A. (2019, March 14). Sistem Zonasi SMA/SMK Swasta di Yogyakarta Sulit Diterapkan. Retrieved November 1, 2020, from https://kumparan.com/tugujogja/sistem-zonasi-sma-smk-swasta-di-yogyakarta-sulit-diterapkan-1533808473208081652

Kotler, P. &. (2013). Marketing management. Harlow: Pearson Education.

Supriyono, H. B. (2019). Website Sekolah untuk Menunjang Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Warta LPM , 21 (2).

Yunus, U. A. (2018). Usability Testing of Indonesia Tourism Promotion Website. Journal of Physics: Conference Series , 978 ( 012007).

Wiranata, A. T. (2020). Do Website Quality, Fashion Consciousness, and Sales Promotion Increase Impulse Buying Behavior of E-Commerce Buyers?

Adhanisa, C. &. (2017). The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. 1 (4), 451.

Wahyudianarta, P. S. (2017). The Development of Website Media on Smartphone Products as an Online Promotion Tool in Facing the Global Marketing Era. . International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences , 7 (6).

Stephan, G. H., Stephan, G., Hoyt, M. J., Storm, D. S., Shirima, S., Matiko, C., et al. (2015). Development and promotion of a National Website to Improve Dissemination of information Related to the Prevention of Mother-to-child HIV Transmission (PMTCT) in Tanzania. BMC Public Health , 15 (1).

Li, X., Wang, Y., & Yu, Y. (2015). Present and Future Hotel Website Marketing Activities: Change Propensity Analysis. International Journal of Hospitality Management , 47, 131 - 139.

Król, K. (2019). Forgotten agritourism: Abandoned Websites in the Promotion of Rural Tourism in Poland. Journal of Hospitality and Tourism Technology , 10 (3), 431 - 442.

Anggoro, D. A., Yuniar, A. E., & Widyanti, T. N. (2019). Pelatihan Pembangunan Website Informasi di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baki, Sukoharjo. Warta LPM , 22 (2), 59-66.

Insani, S. F., Wijayanti, A. W., & Cahyaningrum, B. N. (2020). Pendampingan Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan pada Coffee Shop Cekopi di Mendungan, Kartasura. Warta LPM , 23 (2), 94-104.

Article Metrics

Abstract view(s): 526 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 318 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.