Penguatan Jurnalistik Berbasis Gender untuk Kader Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadyah AR Fakhruddin

Muria Endah Sokowati(1*)

(1) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemahaman tentang gender di kalangan remaja sangat rendah. Banyak kasus-kasus yang dilatarbelakangi oleh lemahnya kesadaran remaja laki-laki dan perempuan tentang ideologi gender kerap disebut sebagai sumber permasalahan. Sebut saja kasus kekerasan seksual, pelecehan seksual baik secara fisik, psikologis, maupun simbolis banyak diungkap dan dipublikasikan lewat media menunjukkan rendahnya pemahaman remaja atas kesadaran dan keadilan gender. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, maka kami sebagai akademisi yang memiliki latar-belakang kajian media dan komunikasi yang menaruh perhatian terhadap persoalan remaja dan gender merasa turut bertanggung-jawab untuk memberikan solusi atas persoalan tersebut. Kami memulainya dari level mikro, yaitu di lingkungan yang terdekat dengan kami selaku dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bermitra dengan PC IMM AR Fakhruddin, kami mengajukan kegiatan literasi gender untuk mahasiswa, yaitu pelatihan jurnalistik berbasis gender untuk kader PC IMM AR Fakhruddin. Kegiatan tersebut merupakan edukasi yang memfokuskan pada penanaman konsep dan teori tentang keadilan dan kesetaraan gender. Berbekal konsep dan teori tersebut, selanjutnya peserta kami arahkan untuk menuliskan pengalaman-pengalaman personal yang berhubungan dengan problem gender ke dalam produk karya jurnalistik. Kami melakukan pendampingan pada penulisan tersebut, hingga menjadi sebuah buku yang telah dipublikasikan, berisi delapan tulisan hasil karya peserta. Buku tersebut, selain menjadi dokumentasi reflektif pemahaman gender mereka, mampu menjadi sarana untuk membangun kesadaran gender bagi pihak lain. Peserta kegiatan ini tidak hanya terbuka wawasan dan pengalamannya tentang ideologi gender, namun juga mampu menjadi agen sosialisasi gender bagi lingkungan sekitarnya.

Keywords

Jurnalistik, Ideologi Gender, Kesetaraan Gender, Keadilan Gender

References

Ashuro, A. Siregar, I. Rochani, S. (2010). Sosialisasi Gender oleh Orang Tua dan Prasangka Gender pada Remaja. Jurnal Psikologi, 3(2),141-147.

Bahransyaf, D. (2016). Pemahaman Masyarakat tentang Kekerasan Seksual pada Anak di Kupang. Sosio Konsepsia, 5(3), 154-168.

Boediarsih, Shaluhiyah, Syamsulhuda. (2016). Persepsi Remaja tentang Peran Gender dan Gender Seksualitas di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. 11(1), 28-37.

Cole, N. L. (2015) The Most Important Words in Emma Watson’s Speech Were Abaut Masculinity: He for She Challenges Men and Boys to Embrace Feminism. Tidak Dipublikasikan.

Hasan, AM. (2017, 21 April). Ketimpangan Gender dan Kendali Perempuan Milenial. Tirto.id. Diakses dari https://tirto.id/ketimpangan-gender-dan-kendali-perempuan-milenial-cnb5

Kirsch, S. J. (2010). Media and Youth: A Developmental Perspective, UK: Willey-Blackwell Publishing.

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi sebagai Solusi Konflik pada Hubungan Remaja dan Orang Tua di SMK Batik 2 Surakarta, Warta LPM, 20(1), 49-54.

Purwahida, R. dan Huda, M. (2010). Sosialisasi Pembelajaran Sastra Berperspektif Jender bagi Guru SMA/SMK Se-Surakarta. Warta LPM, 13(1), 77 – 88.

Puspita, D. R., Wahyuningrat, Dharma, P. dan Isna, A. (2019). Pengembangan Kapasitas Penyuluhan berbasis Masyarakat Berperspektif Gender dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Dinamika Journal, 1(4), 24-36.

Rofi’ah, S. dan Jasminto. (2018). Pemberdayaan Anak Korban Kekerasan Seksual berbasis Gender melalui Self Efikasi di Jombang. Engagement, 2(2), 249-259.

Sujadmi, Febriani, L., Herdiyanti. (2018). Upaya Pencegahan Sexual Violence pada Remaja Sekolah di Merawang Kabupaten Bangka. Society, 6(2), 2597-4874.

Warmiyati, M. T., Wijayanti, S. H., Darmoyo, S. (2018). Pemahaman tentang Sosialisasi Gender pada Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 411-419.

Witriani dan Kusuma, BMA. (2019). Mapping Isu Jurnal Berbasis Pengarusutamaan Gender dan HAM pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Musawa, 18(1), 45-59.

Article Metrics

Abstract view(s): 361 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 311 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.