Penguatan Keterampilan Berbasis Industri Perhotelan melalui Program Holistic pada Masyarakat Lulusan SMA/SMK di Provinsi Bali

Kadek Ayu Ekasani(1*), Putu Sabda Jayendra(2), I Nyoman Sudiarta(3), Made Arya Astina(4), I Made Hadi Purnantara(5)

(1) Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
(2) Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
(3) Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
(4) Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
(5) Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
(*) Corresponding Author

Abstract

Keterampilan (skill) dalam industri perhotelan sangat diperlukan bagi seseorang untuk memenuhi tuntutan kerja di dunia industri. Para lulusan SMA/K yang telah mengikuti pelatihan di LPK memerlukan suatu pendalaman keterampilan dunia industri perhotelan sebelum mereka benar-benar terjun langsung ke industri. Salah satu kegiatan untuk memperdalam keterampilan tersebut adalah melalui pelaksanaan on the job training. Namun adanya pandemi Covid-19 menyebabkan banyak hotel yang tidak membuka kesempatan bagi LPK untuk melaksanakan on the job training. Hal inilah yang membuat Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional bekerjasama dengan IHGMA membuat program HOLISTIC yang bertujuan untuk membantu para lulusan SMA/K mendapatkan pengalaman OJT di industri perhotelan. Para peserta pelatihan diambil dari 3 wilayah di Provinsi Bali yang memiliki daerah wisata favorit, yaitu Ubud, Legian, dan Seminyak. Dengan total pelaksanaan pelatihan adalah 13 hari, peserta pelatihan mendapat pengalaman teori dan praktik langsung dari para praktisi perhotelan baik dari departemen tata hidang (food and beverage service), tata boga (food production), bartender, dan tata graha (housekeeping). Hasil dari pelatihan ini, para peserta mendapatkan pengalaman langsung di industri, selain juga berbagai pengetahuan mengenai profesionalisme kerja di industri perhotelan, peluang karir di dunia industri perhotelan, serta motivasi dan dukungan dari praktisi hotel sehingga para peserta memiliki optimisme yang besar bahwa sektor pariwisata masih menjadi sektor yang menjanjikan kedepannya.

Keywords

hotel, on the job training, holistic

References

Astina, Made Arya., & Wijaya, Anak Agung Gede. (2019). Perbandingan Nilai Budaya Karyawan Hotel di Seminyak dan Ubud. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(1), 64-76.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2015). Jumlah Akomodasi, Kamar, dan Tempat Tidur yang Tersedia pada Hotel Bintang menurut Provinsi, 2000-2015, https://www.bps.go.id (diakses 7 Desember 2020).

Badan Pusat Statistik (BPS). (2015). Jumlah Kedatangan Wisatawan Per Tahun ke Bali menurut Pintu Masuk, 2010-2015, https://www.bps.go.id (diakses 7 Desember 2020).

Hanifah, Regina Dewi. (2019). Evaluasi Kinerja Mahasiswa Magang di Hotel Bintang 5 (*****). Jurnal Sadar Wisata, 2(2), 81-90.

Kandou, Yunita Lidya., Lengkong, Victor P.K., & Sendow, Greis. (2016). Pengaruh Knowledge Management, Skill dan Attitude terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 147-158.

Paramita, I.B.G. & Putra, I.G.G.P.A., (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali di Masa Pandemi Covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), pp.57-65.

Permatasari, I. W., & Chaniago, H. (2018). Pengaruh On The Job Training terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(2), 19-27. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/an/article/view/1183.

Prihatno. (2018). Identifikasi Kebutuhan Kompetensi Sumber Daya Manusia Industri Perhotelan Kabupaten Bantul. Jurnal Media Wisata, 15(1), 513-530.

Wardani, R.K., Karta, N.L.P.A., Wiles, E. & Widiastini, N.M.A., (2018). Pergeseran Marketing Strategy pada Hospitality Industry di Kabupaten Badung. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 23(1), pp.65-74.

Widiastuti, N.W.S.& Indrawati, K.R., (2018). Perbedaan Perilaku Kewargaan Organisasi berdasarkan Status Kerja Karyawan Hotel di Bali Ditinjau dari Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), pp.378-402.

Article Metrics

Abstract view(s): 548 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 392 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.