Peningkatan Kualitas Pendidik PAUD sebagai Upaya dalam Pencegahan Stunting di Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul

umi mahmudah(1*)

(1) Universitas Respati yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Analisis situasi: Berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2015 di Kabupaten Bantul, diketahui prevalensi stunting adalah 23,1%, Di salah satu kecamatan di Bantul, yaitu Kecamatan Pundong, prevalensi stunting mencapai 19,6% dengan prevalensi tertinggi terdapat di desa Srihardono yaitu 27,1%. Hal ini menunjukkan bahwa stunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Bantul karena melebihi cut off WHO yaitu 20%. Permasalahan: PAUD memiliki peran penting dalam berkontribusi mengantisipasi dan menurunkan tingkat stunting pada anak balita. Hampir 90% guru PAUD di Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul bukanlah pendidik yang mempunyai latar belakang pendidikan PAUD. Sebagian besar guru berasal dari ibu-ibu di sekitar lokasi PAUD yang bersedia mengabdi untuk menjadi guru PAUD. Para pendidik PAUD masih banyak yang belum mengetahui mengenai stunting, belum dibekali pengetahuan dan keterampilan yang menyeluruh terkait pengukuran status gizi pada balita sebagai salah satu cara untuk mendeteksi stunting. Oleh karena itu, diperlukan suatu pelatihan untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD mengenai stunting sehingga dapat dilakukan kegiatan monitoring gizi secara berkala di PAUD. Metode: Pelatihan mengenai stunting dilakukan melalui metode ceramah atau penyuluhan dengan menggunakan media modul dan powerpoint serta praktek pengukuran tinggi badan dan berat badan. Pelatihan diikuti oleh 33 pendidik PAUD di Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Hasil evaluasi pelatihan diukur menggunakan kuesioner pengetahuan stunting dengan melakukan pretest dan posttest. Hasil dianalisis menggunakan uji paired t-test. Hasil dan pembahasan : Terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan mengenai stunting. Skor rata-rata pengetahuan pada saat pretest  64,14 + 13,62 meningkat signifikan menjadi 75,66 + 12,29 pada saat posttest. Sehingga pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan pendidik PAUD mengenai stunting.

Keywords

pengetahuan, stunting, pelatihan gizi, modul, pendidik PAUD

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, A, A., Firdausa, N,J., Yuliani, K., Sa`adah, N. (2020). Edukasi Cara Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi dan Balita. JECC, 02(01), 1-8.

Bappenas. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. Kementerian PPN/BAPPENAS.

Bappenas. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Kementerian PPN/BAPPENAS.

Dewey, K.G & Begum, K. (2011). Long-term consequences of stunting in early life. Maternal and Child Nutrition (2011), 7 (Suppl. 3).

Dinkes Bantul. (2016). Laporan Kesehatan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2016. Yogyakarta: Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Hoddinott, J., Behrman, J.R., Maluccio, J.A., Melgar, P., Quisumbing, A., Zea, M. R., Stein, A. D., Yount, K. M., Martorell, R. (2013). Adult Consequences of Growth Failure in Early Childhood. Am J Clin Nutr, 98, 1170–1178.

John-Akinola, Y. O., (2014). Children and Parents’ Participation: Socio-ecological Perspectives On Health Promotion In Schools. PhD Thesis. College of Medicine, Nursing and Health Sciences National University of Ireland, Galway.

Kemenkes RI. (2011). Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta : Kementerian Kesehatan.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (2017). Buku saku desa dalam penanganan stunting. Buku Saku Desa Dalam Penanganan Stunting.

Lubis, Z., & Syahri, I. M. (2015). Pengetahuan dan Tindakan Kader Posyandu dalam Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat , 65-73.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Orisinal., Sasmita, Y., dan Jumadewi, A., (2020). Hubungan Pengetahuan tentang Stunting dengan Akurasi Hasi Deteksi Dini Kasus Stunting pada Anak Oleh Guru PAUD di Wilayah Kerja Puskesmas Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Serambi Akademica, 8(4).

Paz-Soldán, V. A., Morrison, A. C., Lopez, J. J. C., Lenhart, A., Scott, T. W., Elder, J. P., Sihuincha, M., Kochel, T. J., Halsey, E. S., Astete, H., & McCall, P. J. (2015). Dengue knowledge and preventive practices in Iquitos, Peru. American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 93(6), 1330–1337. https:// doi.org/10.4269/ajtmh.15-0096

Purnamasari, H., Shaluhiyah, Z., Kusumawati, A. (2020). Pelatihan Kader Posyandu Sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Margadana dan Puskesmas Tegal Selatan Kota Tegal. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 432 – 439.

Rahmawati, H,A. (2017) Efek Pelatihan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan dalam Kegiatan Penimbangan Balita pada Kader Posyandu di Kelurahan Rengas Kota Tangerang Selatan Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI. 2013. Jakarta.

Rohmadheny, P.S., (2018). Keterlibatan Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Fenomena Stunting di Indonesia. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Sandi, F., Aritonang, E.Y., & Jumirah. (2012). Pengaruh Pelatihan Terhadap Keterampilan Kader Dalam Pembuatan PMT Modisco Di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Panjang Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara Tahun 2012. Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi, 1(2), 1-9.

Sefrina, L. R., & Elvandari, M. (2020). Pelatihan Penilaian Status Gizi Pada Guru Dalam Rangka Deteksi Siswa Stunting Di Sekolah Dasar. Dharmakarya, 9(1), 4–7. https:// doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i1.24854

Syihab, S.F., & Kumalasari, I. (2020). Nutrition Education for Preventing Stunting in Elementary Schools: A Systematic Review. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 4 (1).

WHO. (2010). Nutrition Landscape Informatio System (NLIS) Country Profile Indicators: Interpretation Guide. Switzerland: WHO Press.

Woldehanna, T., Behrman, J.R., & Araya, M.W., (2017). The effect of early childhood stunting on children’s cognitive achievements: Evidence from young lives Ethiopia. Ethiop J Health Dev. 2017 ; 31(2): 75–84.

Article Metrics

Abstract view(s): 599 time(s)
PDF: 240 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.