Peningkatan Keterampilan Berbicara sebagai Upaya Kaderisasi Khatib pada Remaja Masjid

Miftakhul Huda(1*)

(1) (SCOPUS ID: 57214693946, SINTA ID: 6020098), Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara dalam bentuk khotbah. Jenis pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan. Peserta diberikan materi dan pelatihan berkhotbah. Pengabdian masyarakat berupa kaderisasi khatib melalui peningkatan keterampilan berbicara dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Masjid Desa Clolo, Rumah Kepala Dusun Paulan Timur, kecamatan Colomadu, dan Masjid Al Musyafirin Surakarta. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 10, 11, dan 12 Desember 2019. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Pada tahap pertama dilakukan observasi awal. Observasi awal dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi awal calon sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini. Selain observasi awal, perencanaan program juga termasuk dalam tahap pertama. Perencanaan program meliputi penyusunan proposal, persiapan administrasi, perizinan, dan penyusunan desain kegiatan. Tahap kedua merupakan tahap pelaksanaan. Tahap pelaksanaan terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya pemberian materi, pretest, pelatihan, postest, dan umpan-balik. Tahap ketiga merupakan tahap evaluasi. Tahap evaluasi meliputi penyusunan laporan, penyusunan artikel publikasi, dan rencana tindak lanjut. Tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta melakukan latihan mandiri dan minimal 50% dari jumlah peserta tampil sebagai khatib salat Jumat. Jumlah peserta pengabdian di tiga lokasi ini adalah 16 orang. Dengan demikian, target pengabdian ini 8 orang berani tampil sebagai khatib salat Jumat. Pengabdian masyarakat berupa pelatihan keterampilan berbicara sebagai upaya kaderisasi khatib di tiga tempat, yaitu Masjid Desa Clolo, Rumah Kepala Dusun Paulan Timur, Kecamatan Colomadu, dan Masjid Al Musyafirin Surakarta termasuk ke dalam kategori berhasil. Sebanyak 93, 75% peserta yang mengikuti pengabdian masyarakat mengalami peningkatan nilai dari pretest ke postest. Pengetahuan awal peserta terkait dengan khotbah, masjid intens dalam mengadakan kajian keagamaan, intensitas latihan berkhotbah, dan keaktifan peserta untuk mengikuti kajian merupakan penyebab keberhasilan peserta menjadi khatib.

Keywords

keterampilan berbicara, khotbah, pelatihan

References

Anh, T., James, H., & Pittock, J. (2018). Interaction Social Learning Through Rural Communities of Practice : Empirical Evidence from Farming Households in the Vietnamese Mekong Delta. Learning, Culture and Social Interaction, 16(October 2017), 31–44. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2017.11.002

Ariel, C., & Iris, O. (2019). No Communication Without Manipulation : A causal-de fl Ationary View of Information. Studies in History and Philosophy of Science, 73, 34–43. https://doi.org/10.1016/j.shpsa.2018.06.003

Bang, J. Y., & Nadig, A. (2020). An Investigation of Word Learning in the Presence of Gaze : Evidence from School-Age Children with Typical Development or Autism Spectrum Disorder. Cognitive Development, 54(December 2019), 100847. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2020.100847

Clark, A. S. (2016). Discourse is cultural : New Approaches to Discourse Analysis in the “ Non-West ” q. Language & Communication, 50, 42–44. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2016.09.001

Huda, M. (2018a). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Huda, M. (2018b). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Huda, M., Kustanti, E. W., & Rufiah, A. (2019). Peningkatan Pemilihan Materi Ajar melalui Telaah Buku Teks bagi Guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Surakarta. Warta LPM, 22(2), 110–119. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8671

Kruel, D., Horne, K. Van, Steenis, E. Van, & Penuel, W. R. (2018). Interaction The Material and Social Constitution of Interest. Learning, Culture and Social Interaction, (April), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.04.010

Ma, Z., Li, C., Liu, Y., & Zhang, J. (2018). The Transformation of Traditional Commercial Blocks in China : Characteristics and Mechanisms of Youthi Fi Cation. City , Culture and Society, (December 2017). https://doi.org/10.1016/j.ccs.2018.02.001

Raia, F. (2018). Learning , Culture and Social Interaction Identity, Tools, and Existential spaces. Learning, Culture and Social Interaction, (April), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.04.014

Ram, D., Asaei, A., & Bourlard, H. (2018). Phonetic Subspace Features for Improved Query by Example Spoken Term Detection. Speech Communication, 103, 27–36. https://doi.org/10.1016/j.specom.2018.07.001

Shao, X., & Purpur, G. (2016). Effects of Information Literacy Skills on Student Writing and Course Performance. The Journal of Academic Librarianship. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.08.006

Shishavan, H. B., & Shari, F. (2016). The Refusal Speech Act in A Cross-Cultural Perspective : A study of Iranian English-Language Learners and Anglo-Australian Speakers. Language & Communication, 47, 75–88. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2016.01.001

Steinerov, J. (2016). Information Literacy Studies and Human Information Behaviour. Information Literacy Studies and HIB, 2, 53–69.

Turner, J. (2012). Academic Literacies: Providing a Space for the Socio-Political Dynamics of EAP. Journal of English for Academic Purposes, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2011.11.007

Article Metrics

Abstract view(s): 514 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 432 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.