Peningkatan Kemampuan Berpresentasi di Ruang Virtual Bagi Siswa Siswi Kelas XII SMA Sumbangsih Jakarta Selatan

Menul Teguh Riyanti(1), Ariani Ariani(2*), Indralaksmi Indralaksmi(3), Susy Irma Adisurya(4), Alfo Jordan Sijabat(5), Monita Eva Rahma(6)

(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD Universitas Trisakti
(2) FSRD Universitas Trisakti
(3) Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD Universitas Trisakti
(4) Program Studi Desain Interior, FSRD Universitas Trisakti
(5) Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD Universitas Trisakti
(6) Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract

Sejalan dengan sistem pendidikan dalam memasuki era revolusi 4.0 dan keterampilan abad 21, salah satu kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik adalah kemampuan berkomunikasi. Berpresentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk menyampaikan pemikiran, gagasan, pengetahuan, ataupun informasi secara efektif. Pada masa pandemi ini, seluruh proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring, sehingga kemampuan untuk melakukan presentasi di ruang virtual juga diperlukan. Berdasarkan hal tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mengadakan kegiatan pelatihan bertema Peningkatan Kemampuan Berpresentasi di Ruang Virtual, dengan sasaran siswa siswi SMA Sumbangsih, Jakarta Selatan. Kegiatan PkM dilaksanakan secara daring melalui media zoom meeting mengingat kondisi pada masa pandemi covid-19 tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan yang bersifat luring. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan siswa siswi dalam melakukan presentasi yang efektif, komunikatif, dan interaktif di dalam ruang virtual. Materi yang diberikan meliputi keterampilan mengoperasikan fitur-fitur berpresentasi di ruang meeting virtual, pengantar teoritis bagaimana menjadi presenter yang komunikatif dan percaya diri, dan pemberian contoh berpresentasi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode demonstrasi (memberi contoh) yang disampaikan oleh 2 orang mahasiswa FSRD. Keterlibatan mahasiswa dalam hal ini adalah sebagai upaya untuk menemukan pendekatan dalam memancing respon dari para peserta. Selanjutnya beberapa orang siswa diminta untuk mempraktikkan materi yang telah diberikan dengan melakukan presentasi secara spontan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan siswa siswi dalam melakukan presentasi secara non formal sudah cukup baik namun pada teknik presentasi secara formal masih harus belajar dalam bertutur kata menggunakan bahasa baku dan ilmiah.

 

Kata kunci: kemampuan berpresentasi, ruang virtual, pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, SMA Sumbangsih

Full Text:

PDF

References

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Kusumah, W. (2019). Menyiapkan Guru dan Dosen di Era Revolusi Industri 4.0. dalam https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5dd36340d541df29bf6153 c2/menyiapkan-guru-dan-dosen-di-era-revolusi-induatri-4-0 Diakses 30 Januari 2021.

Kusumaningtyas, dkk. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54-62.

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved September 15, 2018, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21_Framework_Definitions_New_Logo-2015.pdf

Peter, L. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60-73, doi:10.31800/jtp.kw.v6n1.p60--73.

Saepudin, B. S. (2019). Revolusi Industri 4.0, Apakah Itu? Dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pendidikan. Diakses pada 28 Januari 2021, dari https://disdikkbb.org/?news=revolusi-industri-4-0-apakah-itu-dan-pengaruhnya-terhadap-dunia-pendidikan

Sudirman, D. (2020). Apa itu Virtual? Pengertian, Contoh dan Fungsinya. Diakses 05 Februari 2021, dari https://virtualiable.com/apa-itu-virtual-pengertian-contoh-dan-fungsinya/

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18).

Article Metrics

Abstract view(s): 427 time(s)
PDF: 496 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.