Hilirisasi Produk Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal Desa Balun Ijuk: “Spinach Crackers”

duwi agustina(1*), Dian Prihardini Wibawa(2)

(1) Universitas Bangka Belitung
(2) Universitas Bangka Belitung
(*) Corresponding Author

Abstract

Desa Balunijuk merupakan desa dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya mengandalkan alam yaitu sebagai petani. Salah satu sektor yang dikembangkan di Balunijuk adalah sektor pertanian berupa sayur-sayuran. Pekerjaan yang menjadi andalan pencaharian di desa ini dilakukan oleh para suami. Sementara di desa ini masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang kurang produktif, sehingga tidak memiliki penghasilan sendiri untuk menunjang kebutuhan keluarga. Selain itu, dengan melimpahnya sayuran dapat dijadikan sebagai peluang berwirausaha dengan memanfaatkan potensi lokal disertai dengan inovasi dan kreatifitas sehingga dapat menghasilkan produk dengan nilai jual yang lebih tinggi. Kegiatan ini dilakukan di Desa Balunijuk kecamatan Merawang Kabupaten Bangka dalam upaya pemberdayaan ibu rumah tangga dengan memberikan motivasi tentang pengetahuan berwirausaha dan memberikan pelatihan membuat kemplang bayam. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari penyuluhan hingga memberikan pelatihan pembuatan kemplang bayam yang dilakukan sejak bulan Juni sampai dengan Oktober 2020. Sasaran dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga usia produktif yang tergabung dalam ibu-ibu PKK sebanyak 40 orang. Melalui kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini dapat memberikan pengetahuan melalui sosialisasi dan penyuluhan tentang  berwirausaha dan memberikan pelatihan pembuatan kemplang bayam kepada ibu-ibu rumah tangga. Dengan bekal pengetahuan wirausaha dan pelatihan pembuatan produk ibu rumah tangga bisa menghasilkan produk yang dapat dijual dan meningkatkan penghasilan mitra.

Keywords

Inovasi, Motivasi, Produktif, Kreatifitas

Full Text:

PDF

References

Aimasari, N., Ghina, A., Telkom, U., Entrepreneur, W., & Analysis, F. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita untuk Menjadi Wirausaha (Studi Pengusaha Wanita UMKM di Kota Bandung Tahun 2015). E-Proceeding of Management.

Anwar, M. Z. (2013). Organisasi Perempuan Dan Pembangunan Kesejahteraan. Sosiologi Reflektif.

Ferri, L., Ginesti, G., Spanò, R., & Zampella, A. (2018). Exploring the entrepreneurial intention of female students in Italy. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity. https://doi.org/10.3390/joitmc4030027

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Marzuki, S. . (2015). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Cina Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jurnal Studi Gender Dan Islam, 7(1).

Swastha, B. D., & Handoko, H. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. In BPFE- Yogyakarta. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i1.207

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. BPFE, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 439 time(s)
PDF: 267 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.