Pemanfaatan Limbah serta Pemasaran Produk BUSOPI (Sabun Ampas Kopi) Bagi PKK Kecamatan Mariso Kota Makassar

Citra Amalia Amal(1*), Khilda Wildana Nur(2), Siti Fuadillah Alhumairah Amin(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara Tim Pelaksana Pengabdian, ada tiga permasalahan pokok yang dihadapi oleh PKK Kecamatan Mariso selaku mitra PkM dalam perintisan UKM. Pertama, material yang digunakan sebagai bahan dasar hanya didominasi plastik daur ulang. Kedua, produk yang dihasilkan hampir serupa dengan produk yang dihasilkan PKK lainnya. Ketiga, pemasaran produk masih terbatas di sekitar Kota Makassar dan mengikiuti jadwal event yang diselenggarakan Pemerintah Kota Makassar. Metode pelaksanaan PkM melalui metode Difusi Ipteks, Pendidikan Masyarakat, dan Pelatihan. Tahap Difusi Ipteks menghasilkan sebuah produk dengan kriteria bahan yang mudah diperoleh dan terjamin ketersediannya, memiliki ciri khas, bernilai ekonomis, bermanfaat, dan dapat digunakan semua kalangan yaitu produk sabun. Tahap Pendidikan Masyarakat dilakukan melalui sosialisasi dan penyuluhan untuk memperkenalkan bahan baku daur ulang yang mudah diperoleh dan terjamin ketersediannya, yaitu limbah ampas kopi.  Dan Tahap Pelatihan terdiri atas praktek langsung pembuatan Sabun Ampas Kopi (BUSOPI), dan praktek pembuatan akun e-commerce Shopee.

Full Text:

PDF

References

Aco, Ambo, dan Endang, Hutami. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1), 61-72.

Atmadji, E., Priyadi, U., dan Achiria, S. (2019). Perdagangan Kopi Vietnam dan Indonesia di Empat Negara Tujuan Ekspor Kopi Utama: Penerapan Model Constant Market Share. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 19(1), 37-46.

Bernadi, Josef. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 731-741.

Chandra, Devi, Ismono, R. H., dan Kasymir, E. (2013). Prospek Perdagangan Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis (JIIA), 1(1), 10-15.

Haryanto, Wikantari, R., Harisah, A., dan Sampebulu, V. (2016). Keberadaan Warung Kopi Sebagai Ruang Publik di Kota Makassar. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016, 53 – 58.

Kautsarina. (2014). Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(2), 135-148.

Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3000 Gerai. 2019. (https://voi.id/artikel/baca/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai, diakses pada 4 April 2020 pukul 14.45).

Li, Yingpeng, dan Yang, Rui. (2014). New Business Model for Company toWin the Competition. American Journal of Industrial and Business Management, 4(1), 190-198.

Munizu, Musran. (2013). Strategi Peningkatan Kinerja dan Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pengolah Produk Berbasis Pangan. Jurnal Manajemen dan Bisnis (MABIS), 12(1), 101-110.

Nugrahani, Dewi Shanti. (2011). E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), 1-16.

Putra, Hijrah Purnama, dan Yuriandala, Yebi. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 2(1), 21-31.

Riana, N. R., Sjamsuddin, S., dan Hayat, A. (2014). Pelaksanaan Peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Memberdayakan Perempuan (Studi tentang Program Pendidikan dan Keterampilan di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang). Jurnal Administrasi Publik, 2(5), 851-856.

Shabrina, Vashty Ghassany. (2019). Pengaruh Revolusi Digital Terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 131-141.

Shalfiah, Ramandita. (2017). Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Mendukung Program-Program Pemerintah Kota Bontang. Jurnal Universitas Mulawarman, 1(3), 975-984.

Solikatun, Kartono, D. T., dan Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 60-74.

Surono, Untoro Budi, dan Ismanto. (2016). Pengolahan Sampah Plastik Jenis PP, PET dan PE Menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya. Jurnal Mekanika dan Sistem Termal, 1(1), 32-37.

Tim Penggerak PKK Pusat. (2015). Hasil Rapat Kerja Nasional PKK Ke-VIII. https://tppkk-pusat.org/wp-content/uploads/2017/11/Buku-PKK-2015-R2.pdf diakses pada 30 Juni 2021 pukul 17.23.

Triana, D., Syamsinar, Hasiah, Ishak, A. A. A., dan Nasir. (2018). IbM Usaha Terrarium pada Tim Penggerak Pkk Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M), 356-361.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Yayu, S. R., Mahanka, R., Aisyah, I., dan Sulastriningsih, R. D. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Kelompok PKK Rw 10 Kel. Babakan Sari Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 149-154.

Zahra, Fatimah, dan Damanhuri, Tri Padmi. (2011). Kajian Komposisi, Karakteristik, dan Potensi Daur Ulang Sampah di TPA Cipayung, Depok. Jurnal Teknik Lingkungan, 17(1), 59-69.

Article Metrics

Abstract view(s): 711 time(s)
PDF: 642 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.