Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten

Rita Pramujiyanti Khotimah(1*)

(1) Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tantangan yang dihadapi para siswa dalam pembelajaran di abad 21 semakin kompleks. Mereka perlu dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang tidak hanya sekedar ingatan dan pemahaman saja, namun juga perlu dibekali dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS). Guru merupakan agen pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru matematika SMP Muhammadiyah di Kabupaten Klaten adalah: 1) Siswa masih jarang berlatih menyelesaikan soal-soal HOTS dalam pembelajaran matematika di sekolah, 2) Guru-guru matematika masih kesulitan dalam mengembangkan soal-soal yang berbasis HOTS, 3) Masih minimnya kegiatan pelatihan penyusunan soal HOTS bagi guru-guru matematika tingkat SMP Muhammadiyah Klaten. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru matematika SMP Muhammadiyah di Kabupaten Klaten dalam penyusunan soal-soal matematika yang berbasis HOTS. Kegiatan dilaksanakan melalui dua tahap, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan, perwakilan tim pengabdian beserta prodi melakukan koordinasi dengan pengurus PDM kabupaten Klaten untuk mengidentifikasi permasalahan, penetapan solusi masalah, penetapan kelompok sasaran, dan penentuan waktu serta tempat pelaksanaan kegiatan. Tahap pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam bentuk model ceramah, diskusi, dan penugasan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah terlaksana dengan baik, ada peningkatan pemahaman peserta terhadap materi penyusunan soal-soal matematika berbasis HOTS. Respon peserta terhadap pelaksanaan kegiatan sangat bagus, peserta berharap kegiatan semacam ini bisa teragendakan kembali untuk waktu-waktu yang akan datang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 797 time(s)
PDF: 596 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.