Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Jawa Tengah

Yogiek Indra Kurniawan(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penentuan pilihan program pendidikan bagi siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan ke jenjang pendidikan selanjutnya merupakan salah satu penentu kesuksesan seseorang dalam dunia karir atau pekerjaan. Untuk menentukan pilihan program pendidikan, perlu diketahui pola minat siswa yang bersangkutan terlebih dahulu. Untuk membantu siswa mengenali pola minatnya diperlukan alat ukur psikologis yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran pola minat siswa.

Penelitian selanjutnya menghasilkan sebuah aplikasi pengukuran minat kejuruan berbasis website yang diperuntukkan bagi siswa-siswa SMK. Aplikasi yang telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pembinaan SMK Indonesia ini akan dipergunakan oleh seluruh SMK di Indonesia. Oleh sebab itu, dibutuhkan peranan guru-guru SMK untuk membimbing siswa-siswa di sekolahnya masing-masing untuk mempergunakan aplikasi tersebut.

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada perwakilan guru-guru SMK se-Jawa Tengah agar bisa mempergunakan aplikasi pengukuran minat kejuruan tersebut, sehingga setiap perwakilan guru dapat membimbing siswa-siswa di sekolahnya untuk mempergunakan aplikasi tersebut.

Metode yang dipergunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah setiap peserta diberikan modul tutorial yang berupa softcopy dan hardcopy. Setelah itu, trainer menjelaskan penggunaan aplikasi mulai dari proses pengisian aplikasi maupun fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, sehingga setiap peserta dapat mencoba dan mempergunakan aplikasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa point utama pelaksanaan pelatihan ini terletak pada antusias para peserta dalam memberikan umpan balik dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan sebelum dan sesudah pelatihan. Terlihat pula adanya peningkatan pengetahuan tentang cara penggunaan aplikasi pengukuran minat kejuruan siswa.

Keywords

Pola Minat, SMK

References

. Aljufri B. Syarif & Kumaidi. 1990. Minat kejuruan murid-murid Sekolah Menengah Tingkat Atas di Sumatera Barat. Laporan Penelitian (tidak dipublikasikan). Pusat Penelitian IKIP Padang.

. Holland, J. L. 1985. Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments (second edition). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

. Kumaidi., Restu, Y. S., Taufik., & Prihartanti, N. 2014. Kajian Minat Kejuruan Sebagai Panduan Pengukuran Perkembangan Potensi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Laporan Penelitian Tidak dipublikasikan. Fakultas Psikologi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 808 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 596 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.