Iptek Bagi Masyarakat Optimalisasi Kompetensi & Kinerja Guru BK Berbasis ICT Di SMP Magelang

Hijrah Eko Putro(1*), Farida Farida Farida(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas dan kinerja di lingkungan sekolah; (2) Meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa ; (3) Menambah inovasi dalam mengelola penggunaan dan publikasi materi ajar.

Pengabdian ini dilaksanakan di Laboratorium Internet Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Magelang, pada 9 September 2016. Peserta pelatihan adalah guru BK SMP di Magelang. Dalam rangka mencapai tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, maka ditempuh langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menghubungi Kepala Sekolah dan Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling untuk mengetahui sejauh mana guru memanfaatkan ICT dalam melakanakan memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa dan mencari data perlu atau tidaknya diadakan pelatihan peningkatan kinerja guru BK berbasis ICT; (2) Menyelenggarakan program pengenalan dan pelatihan, yang meliputi tahap pengenalan, tahap pelatihan, dan tahap evaluasi hasil; (3) Tahap pengenalan dan pelatihan dilakukan secara kelompok.

Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan: (1) Kegiatan ini dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan ICT. (2) Kegiatan ini mampu meningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang lebih inovatif dan bervariatif. (3) Kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat dalam peningkatan kinerja secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi berbasis ICT.

Keywords

Kompetensi, Kinerja, ICT

References

Arsyad, Azhar. (2001). Media Pengajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo

Ross, M. S., Kemp, J.E. (2004). Designing Effective Instruction (4th Edition). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Moh. Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Morrison, R. G.., Ross, M. S., Kemp, J.E. (2004). Designing Effective Instruction(4th Edition). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., Russell, J.D. (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning. Designing Instruction, Integrating Computers, and Using Media (second edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta

Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Article Metrics

Abstract view(s): 674 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 754 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.