PENINGKATAN KAPASITAS WARTAWAN SISWA DALAM PENERBITAN MAJALAH SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PK AL-KAUTSAR KARTASURA

Agus Triyono(1*)

(1) Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Majalah sekolah menjadi sarana yang sangat penting bagi institusi bukan hanya sebagai media informasi, akan tetapi sekaligus juga media promosi sekolah. Disamping itu, majalah tersebut juga dapat menjadi wadah bagi siswa untuk berlatih menulis. Namun demikian, ketrampilan menulis pelajar Indonesia masih banyak terkendala dikarenakan keterbatasan media dan fasilitas penunjang di sekolah. Untuk itu, pemberdayaan wartawan siswa dirasa sangat perluh untuk beberapa sekolah yang belum memiliki majalah sekolah sendiri. SMP Muhammadiyah PK Al-Kautsar Kartasura adalah salah satunya. Sekolah yang baru berdiri 2010 ini memiliki 95 siswa. Majalah sekolah dapat menjadi sarana menampung kreativitas siswa dalam menulis dan menyalurkan ide-ide kreatif mereka. Selain itu, Majalah sekolah bisa menjadi salah satu media komunikasi antarelemen sekolah, mulai siswa, guru, karyawan sekolah, hingga kepala sekolah. Pembuatan majalah sekolah yang diberi nama Al-Kautsar ini dirasa akan dapat menjadi salah satu media promosi yang efektif dalam meningkatkan peminat siswa baru. Metode yang dilakukan dalam pendampingan antara lain dengan memberikan pelatihan, penugasan, pendampingan, dan kunjungan ke instansi media cetak di Solo Raya yang berhubungan dengan dunia jurnalistik. Kegiatan pemberdayaan wartawan siswa yang dilakukan selama 5 bulan ini memberikan kontribusi yang baik dalam mengelola potensi siswa-siswi di bidang Jurnalistik. Sebelum diadakan pemberdayaan potensi siswa siswi yang tergabung dalam Tim Jurnalistik belum tersalurkan dengan baik, namun setelah diadakannya pendampingan potensi mereka kini dapat diasah dan dikembangkan. Disamping itu, pada akhir program pengabdian ini berhasil dibuat Majalah Al Kautsar. 

Keywords

komunikasi

References

Dewi, A. M. (2013). MAJALAH DINDING SEBAGAI IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMP N 4 SINGARAJA. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 1 (1), 1-15.

Hidayati, I. N. (2014). MASKOT UDI DAN BANDI UNTUK REDESAIN MAJALAH SEKOLAH MTS AL-IHSAN KRIAN SEBAGAI PENGENALAN IKON KOTA SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Seni Rupa , 2 (2), 2.

Miyono, N. (2011). KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA SEKOLAH DASAR SWASTA UNGGUL DI SEMARANG. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi , 7 (2), 148-163.

Santoso, H. (2007). MAJALAH DINDING SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN BUDAYA BACA SISWA. Malang: Perpustakaan Unversitas Negeri Malang .

Saputra, A. W. (2015). PENGEMBANGAN BLOG MENULIS BERITA UNTUK MAJALAH SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK BAGI SISWA SMA. Jurnal Kembara , 1 (2), 117-124.

Wiastra, I. G., Rasna, W., & Astika, I. M. (2015). PEMBINAAN DAN MANAJEMEN PRODUKSI MAJALAH SEKOLAH PADA EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. JJPBS , 3 (1), 1-13.

Article Metrics

Abstract view(s): 682 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 670 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.