Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z

Ratri Kusumaningtyas(1*), Ina Mar’atus Sholehah(2), Nika Kholifah(3)

(1) UMS
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang memiliki karakter berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu multitasking, artinya mereka dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan dan keterampilan  guru atau tenaga pendidik dalam proses pembelajaran agar dapat sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyiapkan model dan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z, yaitu generasi yang lahir di tahun 1995-2000. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) bidang Pendidikan, khususnya Pendidik jenjang SD/MI hingga SMA/SMK di PCM Gatak. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama berisi penjelasan materi dan sesi kedua berisi tentang diskusi dan berbagi pengalaman. Target luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi para pendidik di PCM Gatak dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Setelah dilakukan kegiatan, para guru memperoleh wawasan dan pemahaman guru tentang berbagai model pembelajaran, seperti: inquiry based learning, problem based learning, experiential based learning, task based learning, theme based learning, cooperative learning, project based learning dan flipped classroom model. Model pembelajaran seperti inilah yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam mendidik atau mengajar generasi Z. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Selain itu perlu adanya pengabdian lanjutan berfokus pada simulasi model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan efisien

Keywords

model pembelajaran, media pembelajaran, pendidikan

References

Anita Titu, Maria. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.

Aribowo, Eric Kunto. 2018. Digitalisasi Aksara Jawa dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kabupaten Klaten. Jurnal WARTA LPM, Vol. 21, No. 1, Maret 2018

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. 2016. Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Biro Pusat Statistik, 2015, Retrieved from Persentase Penduduk Usia 7-24 Tahun Menurut Jenis Kelamin, Kelompok Umur Sekolah, dan Partisipasi Sekolah 1, 2002-2016: https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/vie w/id/1533

Hidayatullah, Syarif dkk. 2018. Perilaku Generasi Milenium Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 6, No. 2

LPCR. 2010. lpcr.muhammadiyah.or.id.

Narulita, et al. 2019. Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran PAI Bagi Generasi Z. Jurnal Publikan. Vo. 9, No. 3

Nurdyansyah, dkk. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Ozkan, M., & Solmaz, B., 2015, Mobile Addiction of Generation Z and Its Effects. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 205, 92-98.

Rachmawati, Dewi. 2019. Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV.

Rahayu, 2019. Widayati. Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Z. JPSI. Vol. 2, No. 1

Susana, T., 2012. Kesetiaan pada panggilan di era digital. Jurnal Orientasi Baru. 21, 1, 55-78.

Tahang, H., Wekke, I. S., & Fatimah, F. 2019. Dakwah Muhammadiyah Melalui Lembaga Pendidikan.

Article Metrics

Abstract view(s): 5476 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3364 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.