PKM Edukasi dan Neurorestorasi pada Pasien Pasca Stroke di Praktik Fisioterapi Mj_9 Fisioterapi Center

Umi Budi Rahayu(1*), Ambarwati Ambarwati(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pelayanan rumah sakit maupun klinik/layanan fisioterapi mempunyai keterbatasan waktu dan tempat dalam perawatan pasca stroke, sementara tidak semua pasien mampu melanjutkan perawatan khususnya rawat jalan di rumah sakit. Perlu tempat layanan fisioterapi baik di praktik mandiri maupun di rumah pasien sendiri dengan pemahaman dan kemampuan yang memadahi untuk melakukannya sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan kualitas hidup pasca stroke. Permasalahannya adalah bagaimana memberikan edukasi dan neurorestorasi untuk optimalisasi fungsi pasien pasca stroke. Tujuan kegiatan memberikan program pengabdian kepada masyarakat tentang edukasi dan neurorestorasi pada pasien pasca stroke di Praktik Fisioterapi MJ_9 Fisioterapi Center dan di rumah pasien. Metode kegiatan edukasi berupa penyuluhan informasi melalui leaflet untuk pasien dan keluarga. Kegiatan selanjutnya memberikan neurorestorasi pasien pasca stroke oleh fisioterapis baik di rumah maupun di Praktik Fisioterapi MJ9 di pandu dengan video. Kegiatan latihan dengan neurorestorasi dilakukan selama 6 kali kunjungan, seminggu 2 kali. Pengamatan perkembangan dilakukan untuk kekuatan otot pada sisi yang lesi dengan Motricity Index, kemampuan berguling dengan trunk control test, kemampuan jalan dengan 10 MWT, keseimbangan dengan Berg Balance Scale dan kemampuan fungsional dengan Barthel Index. Hasil dari kegiatan ini adalah ditemukannnya 15 pasein pasca stroke dengan kondisi yang heterogen, mulai dari hanya berbaring di tempat tidur sampai dengan kondisi gangguan kemampuan fungsional yang ringan. Penyuluhan dan pemberian neurorestorasi yang dilakukan secara dini, bertahap, dan tepat mampu meningkatkan kekuatan otot, kemampuan berguling, keseimbangan, yang membawa pengaruh positif untuk peningkatan kemampuan fungsionalnya serta peningkatan kualitas hidupnya. Secara umum disimpulkan bahwa PKM edukasi dan neurorestorasi pada pasien pasca stroke mampu memberikan pemahaman dan peningkatan fungsi serta kualitas hidup pasien.

Keywords

Edukasi, Rehabilitasi, Neurorestorasi, Fisioterapi, Pasca Stroke

References

Caplan, LR. (2009). C_a_p_l_a_n_’s_ _S_T_R_O_K_E_:_ _A_ _c_l_i_n_i_c_a_l_ _a_p_p_r_o_a_c_h_. Fourth ed. Saunders Elsevier.

Chen, J., Venkat, P., Zacharek, A. & Chopp, M. (2014). Neurorestorarive therapy for stroke, 8 (June), 1-12. Doi: 10.3389/fnhum.2014.00382.

Donnan, GA., Fisher, M., Macleod, M., & Davis, SM. (2008). Stroke. Lancet. www.thelancet.com, 371.

Fisher, A., Martin, J., Srikusalaukul, W. & Davis, M. (2013). Trends in stroke survival incidence rates in older Australians in the new millennium and forecasts into the future. J Stroke Cerebravos Dis, 5, 1-12.

Goldstein, LB. (2009). Stroke recovery and rehabilitation. Handbook of Clinical Neurology, 94 (3rd series), 1327-1337.

Harvey, RL. (2009). Cerebral Stroke Syndrome dalam Stroke Recovery & Rehabilitation. DemosMedical. New York.

Kelly-Hayes, M., Beiser, A., Kase, S., Scaramucci, A., D’Agostino, RB. & Serigala, PA. (2003). The influence of gender and age on disability following ischemic stroke: the Framingham Study. J Stroke Cerebrovasc Dis, 12 (3), 119-126.

KNGF Guideline. (2014). Stroke. Royal Dutch Society for Physical Therapy.

Morris, JH., Van, WF., Joice, S. & Donaghy, M. (2013). Predicting health related quality of life 6 months after stroke: the role of anxiety and upper limb dysfunction. Disabil Rehabil, 35 (4), 291-299.

Plow, EB., Cunningham, DA., Varnerin, N. & Machado, A. (2014). Rethinking stimulation of the brain in stroke rehabilitation: Why higher motor areas might be better alternatives for patient with greater impairments. Neuroscience. Doi: 10.1177/1073858414537381.

Rahayu, UB. (2014). Laporan Penelitian Harmonisasi Otak untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Kognitif Pasien Pasca Stroke.

Rahayu, UB (2015). NeuroMuscular Taping untuk Meningkatkan Kemampuan Fungsional Pasien Pasca Stroke. International Conference of Medical and Health Sciences and Life Sciences Conference. Yogyakarta.

Rahayu, UB., Wibowo, S., Setyopranoto. I. (2017). Neurorestorasi untuk Meningkatkan kadar BDNF, Keseimbangan dan Kemampuan Fungsional Pasien Pasca Stroke Iskemia. Disertasi. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Saver, JL. (2009). Target brain: neuroprotection and neurorestoration in ischemic stroke. Rev Neurol Dis, 7, 14-21.

Stein, JH., Macho, RF., Winstein, JC. & Zorowitz, RD. (2009). Stroke Recovery & Rehabilitation. Demos Medical Publising. New York.

Article Metrics

Abstract view(s): 657 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1289 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.