Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran

Sri Slamet(1*)

(1) FKIP PG-PAUD UMS
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan anak usia dini adalah hal yang sangat penting, karena sebagai penentu bagi diri anak di masa yang akan datang. Untuk itu sangatlah penting untuk menstimulasi dan memaksimalkan perkembangan anak usia dini yang meliputi aspek nilai agama, moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Dewasa ini, penggunaan gadget telah merebak pada anak usia dini. Hal ini terlihat dari orang tua yang mengasuh anak dengan gadget maupun dari anak itu sendiri yang sudah diperbolehkan dan terbiasa memakai gadget. Padahal penggunaan gadget pada anak usia dini akan mengakibatkan perkembangan anak terhambat dan terganggu. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan aktivitas yang dapat menstimulasi perkembangan anak, diantaranya adalah kegiatan mewarnai dan menghafal Al-Quran. Pada pengabdian ini dilaksanakan kegiatan mewarnai dan menghafal Al-Quran yang digelar dalam bentuk perlombaan. Kegiatan lomba mewarnai dan menghafal Al-Quran yang dilaksanakan di TK Islam Mardisiwi ini bertujuan agar orang tua lebih memperhatikan perkembangan anak dan mengetahui kegiatan serta manfaatnya yang baik bagi perkembangan mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah meningkatnya kesadaran bahaya menggunakan gadget pada anak usia dini dan pentingnya aktvitas-aktivitas yang dapat mendorong perkembangan anak usia dini.

Keywords

Perkembangan anak, Mewarnai, Menghafal Al-Quran

References

Adi D. T. (2016). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan Dan Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana,

Al-Ghautsani. (2010). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Anisa, W. (2019). Manfaat Lomba Mewarnai Bagi Anak Usia Dini. https://www.viva.co.id/ gaya-hidup/ parenting/1120008-manfaat-lomba-mewarnai

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 351-366

Chani, R. (2013). Manfaat Seni Mewarnai Untuk Anak. http//blog.ub.ac.id/files/2/jurnal-tmp.pdf. Diakses 10 Maret 2019.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 317-329

Dian, A. (2018). Bahaya Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Pada Anak. https:// www. popmama. com/kid/ 1-3-years-old/atika-dian/bahaya-penggunaan-gadget-secara-berlebihan-pada-anak.

Jonathan, dkk. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya

Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud UU No. 146 Tahun 2014. Jakarta : Kemendikbud

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya Remaja

Olivia, F. (2013). Gembira Bermain Corat-Coret. Jakarta: Kompas Gramedia.

Qutsi, F. M. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini di RA An-Naafi’ Mijen Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. http://eprints.walisongo.ac.id/8774/

Setyohadi, Bambang. (2010). Pengaruh warna terhadap kamar tidur anak. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, 12(1), hlm.79-90

Wahdini, R dan Ruqoyyah, F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Primer Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Kapas Pada Anak Kelompok B. Jurnal Paud Teratai, 6(1), hlm.32-35

Yadi, I. (2020). Mutiara Hikmah Menghafal Al-Quran. https://www.hafalquran sebulan.com /mutiara-hikmah-menghafal-al-quran

Article Metrics

Abstract view(s): 887 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 619 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.