Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Betty Gama(1*), Henny Sri Kusumawati(2)

(1) UNIVET BANTARA SUKOHARJO
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(*) Corresponding Author

Abstract

SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar saat ini belum memiliki media komunikasi dan informasi antara guru, siswa dan orang tua dalam bentuk majalah sekolah. Hal ini mengakibatkan pelajaran ilmu jurnalistik belum atau tidak diajarkan kepada siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMA Negeri Gondangrejo. Pelatihan jurnalistik sangat membantu siswa dalam mengasah kreatifitas dan bakat seseorang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan. Secara teoritis, peserta pelatihan diharap dapat mengetahui bagaimana proses membuat berita mulai dari pencarian data di lapangan, mengemas dan menyusun berita hingga berita tersebut layak dipublikasikan atau terbit. Metode yang digunakan adalah berupa penjelasan mengenai ilmu jurnalistik. Untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat pemahaman peserta terhadap pelatihan yang diberikan maka dilakukan pre test dan post test terlebih dahulu. Target khusus pelatihan ini antara lain menumbuhkan minat dan motivasi siswa akan pentingnya media untuk menampung kreativitas dan aktivitas siswa dalam menyalurkan bakat dan potensi diri yang dimiliki. Berdasarkan pre test dan post test dapat diketahui seberapa jauh progres atau peningkatan pengetahuan seluruh peserta. Sebanyak 4 siswa termasuk kategori tinggi (20%) dalam memahami ilmu jurnalistik dan sisanya 2 siswa termasuk kategori sedang (10%) dan 14 siswa termasuk kategori rendah (70%). Tetapi secara personal setiap peserta mengalami peningkatan dari nilai pre test ke nilai post test.

Keywords

Pelatihan jurnalistik, majalah sekolah, SMA

References

Aprilia, E. (2018). Ekskul Jurnalistik Picu Keterampilan Menulis Siswa. Radarsemarang.com. 19 May 2018. Retrieved from https://radarsemarang.com/2018/05/19/ekskul-jurnalistik-picu-keterampilan-menulis-siswa/

Biagi, S. (2010). Media/Impact Penganar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanik.

Building, M. (2015). Pelatihan Jurnalistik Untuk Kaum Muda. Jakarta, 28 November 2015. Retrieved from https://mikobuilding.wordpress.com/2015/10/28/pelatihan-jurnalistik-untuk-kaum-muda/

Darmawan. (2005). Jurnalistik Foto di Era Digital: Antara Teknologi dan Etika. Mediator Vol. 6 No. 1, Juni 2005.

Hidayatullah, A. (2016). Jurnalisme Cetak, Konsep dan Praktek (p. 179). p. 179. Yogyakarta: Buku Litera.

Kurniawan, J. (1995). Rahasia Dapur Majalah di Indonesia. Jakakarta: Gramedia.

Sumadiria, A. H. (2006). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Features. Panduan Praktis Jurnalistik Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Trimansyah, B. (2010). Jurnalistik untuk Remaja: Buku Pintar Wartawan Sekolah (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Karya.

Triyono, A. (2016). Peningkatan Kapasitas Wartawan Siswa Dalam Penerbitan Majalah Sekolah Di SMP Muhammadiyah PK Al-Kautsar Kartasura. Surakarta: Jurnal Warta LPPM Volume 19, No. 2 September 2016.

Wijaya, T. (2011). Foto Junalistik dalam Dimensi Utuh. Klaten: Sahabat.

Article Metrics

Abstract view(s): 676 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 854 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.