Living Value Al-Islam and Kemuhammadiyahan At Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah

Nur Mashani Mustafidah(1*), Triono Ali Mustofa(2), Annas Fajar Rohmani(3)

(1) STIT Muhammadiyah Bojonegoro
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang menelaah silabus pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, khususnya AIK I yang berfokus pada Aqidah. Data primer dan sekunder diperoleh dari buku Pedoman Pendidikan AIK oleh Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat dan literatur terkait pendidikan nilai. Melalui analisis deskriptif analitis, penelitian ini menguraikan data silabus sebagai objek material, menggali implikasi pendidikan karakter, serta mengevaluasi relevansi kurikulum dengan teori pendidikan nilai dan Living Values Education (LVE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun silabus AIK I mencakup materi keimanan dan kemanusiaan, implementasinya seringkali kurang efektif jika tidak didukung oleh metode pembelajaran yang kreatif. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan pendekatan pendidikan nilai dalam pembelajaran AIK guna meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi model pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada pengembangan karakter mahasiswa, sehingga dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga memiliki nilai-nilai moral yang kuat.

Keywords

Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Panduan Hidup Muhammadiyah, Silabus Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

aa’Qosiimah, A. K., Felisha, R., Ananda, E., & ... (2024). Wujud Rahmatan Lil Alamin Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. … Dan Pendidikan …. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/64

Andriyani, A., Abuddin, N., & Didin, S. (2014). Implementasi kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) melalui model student centered learning (SCL) di program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141.

Andriyani, A., Abuddin, N., & Didin, S. (2014). Implementasi kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) melalui model student centered learning (SCL) di program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141.

Arifin, S. (2015). Rekonstruksi al-Islam KeMuhammadiyahan (AIK) perguruan tinggi Muhammadiyah sebagai praksis pendidikan nilai. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidik Agama dan Keagamaan, 13(2), 219.

Astutik, A. P. (n.d.). … DAN KONTEKS HISTORIS WAWASAN KEBANGSAAN DALAM KURIKULUM AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH …. Core.Ac.Uk. https://core.ac.uk/download/pdf/343200798.pdf

Azzahra, S., Mulyani, S., Warda, T. T., & ... (2024). Pemahaman Pendidikan Islam Melalui Tafsir Ayat-Ayat Ilmu Pengetahuan Dalam Kitabullah. Jurnal Budi Pekerti …. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpai/article/view/298

CAHYANTI, M. N. (n.d.). INTERNALISASI NILAI KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG. Core.Ac.Uk. https://core.ac.uk/download/pdf/322976985.pdf

Elihami. (2017). Meningkatkan hasil belajar al-Islam dan KeMuhammadiyahan melalui kuis dengan umpan balik pada mahasiswa kelas A PGSD di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Safina, 1(2).

Faridi. (2010). Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah al-Islam dan KeMuhammadiyahan (AIK): Internalisasi nilai-nilai AIK bagi mahasiswa. Progresiva, 4(1), 67.

Harto, K. (n.d.). Model pengembangan pembelajaran PAI berbasis living values education (LVE). Tadrib, 4(1), 5–10.

Jailani, M. (2024). MAINTAINING MENTAL HEALTH BY DEVELOPING AN ISLAMIC LIFESTYLE. Islamuna: Jurnal Studi Islam. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/islamuna/article/view/8428

Karimulloh, N. G., & Caninsti, R. (2020). Gratitude and Work Related Well-Being in Millennial Worker in Jakarta. Religious Moderatism and The Future of …. https://www.academia.edu/download/68861431/9_Prosiding_ICoReSH_1_.pdf#page=127

Komalasari, K., & Sapriya. (2016). Living values education in teaching materials to develop students’ civic disposition. Living Values Education, 110–111.

MAEMUNAH, M. (2021). Pelatihan Pencegahan Bullying bagi Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil …. https://repository.ummat.ac.id/4151/

Marronis, R. P., Arifin, I. M., Wismanto, W., & ... (2024). Analisis Kesempurnaan Akhlak Nabi Muhammad Saw Ditinjau Dari Al Qur’an dan Sunnah. … Dan Pendidikan …. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/view/254

Masrukhi, M. (2021). COLLEGE AND CHARACTER EDUCATION. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & ….

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/8995

Maunah, B. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 91.

Nisa. (2015). Ekspektasi mahasiswa terhadap matakuliah al-Islam dan KeMuhammadiyahan. Prosiding Seminar Al-Islam dan KeMuhammadiyahan, 46–47.

Nova, M., & Harsono, S. U. (2020). Internalisasi Nilai Karakter di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82469

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Pendidikan No. 20.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2011). Muhammadiyah (Yogyakarta).

Qanita, R., Assahira, N., Wismanto, W., & ... (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Jujur Dalam Gagasan Muamalah. Jurnal Budi Pekerti …. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jbpai/article/view/55

Rahmawati, M., Aisyah, V. N., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2022). Proses Produksi Berita Di LPM Pabelan UMS (Studi Hierarchy Of Influence Model). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102845

Reyes, W. S. (2019). Approaches and strategies in teaching values education. Approaches and Strategies in Teaching Values Education, 7.

Subur, S. (1970). Pendidikan nilai: Tela'ah tentang model pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(1), 3–16.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 85.

Sutarna, N., & Anwar, A. S. (2020). Value of character and philosophy of life KH. Ahmad Dahlan. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam. http://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/2558

Article Metrics

Abstract view(s): 34 time(s)
PDF: 30 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.