HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019

Rahmiati Rahmiati(1*), Nauri Anggita Temesveri(2)

(1) Prodi Manajemen Informasi Kesehatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
(2) Prodi Manajemen Informasi Kesehatan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract

Minat kunjungan ulang pasien menjadi sangat penting untuk mempertahankan eksistensi rumah sakit. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pelanggan, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan minat kunjungan ulang bagi pasien. RSU Kabupaten Tangerang mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien pada tahun 2017 dan tahun 2018 sebanyak 10.11%. Hal tersebut juga berdampak pada target kunjungan pasien yang tidak tercapai dalam Rencana Bisnis dan Anggaran Pertahun rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pada dimensi kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian menggunakan desain potong lintang. Sampel dalam penelitian sebanyak 106 pasien lama. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa lima dimensi kualitas pelayanan terdiri dari bukti fisik, kehandalan,daya tanggap, jaminan, dan empati tidak berhubungan dengan minat kunjungan ulang pasien (p-value > 0.05).

Keywords

Kualitas pelayanan; Minat kunjungan ulang; Rawat jalan

Full Text:

PDF

References

Arisandy, W. (2015). Strategi Dinas Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan melalui Metode CRC ( Citizen Report Card ) di Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

Habibi, A., Hakim, F., & Azizi, F. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 4(2).

Hamidiyah, A. (2013). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25898/1/AZIZATUL HAMIDIYAH-fkik.pdf

Hasbi, F. (2012). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 1(2), 18776.

Helmawati, T., Handayani, S. D. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Kunjungan Ulang yang dimediasi oleh Kepuasan Pasien di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta.Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 3(1).

Henny, S. (2017). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Spog Dr Pringadi Medan Tahun 2016. UIN Syari.Hidayatullah. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35904/1/Sri Henny-FKIK.pdf

Idayanti, T., Su’idah, H., Haryanto, D. K., Sari, S. M., Mardiana, H. R., & Virgia, V. (2018). Influence of Dysmenorrhea Gymnastic on Menstrual Pain To 8Th Grade Students of Smpn 2 Sooko District Mojokerto. International Journal of Nursing and Midwifery Science (Ijnms), 2(01), 12–19. https://doi.org/10.29082/ijnms/2018/vol2.iss01.80

Kemenkes Republik Indonesia. (2017). Profil Dinas Kesehatan Tahun 2017.

Lontaan, V., Rumayar, A. A., Tucunan, A. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., Pasien, K. (2018). Hubungan antara Persepsi Pasien terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara.Jurnal Kesmas, 7(5).

Nasution, H. N. (2013). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Non Obstetri dan Ginekologi Di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumatera Utara. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37086.

Pajow, R. V. M., Mandagi, C. K. F., Rumayar, A. A., Masyarakat, F. K., & Ratulangi, U. S. (2017). Hubugan antara Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Minat Pemanfaatan Kembali di Puskesmas Sonder. Kesmas, 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23022

Permana, M. A. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan KesehatanTerhadap Minat Kunjungan UlangPasien ke Puskesmas Kota Medan. Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/10346/141301061.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Reyza. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Umum pada Rumah Sakit Daerah Madani Provinsi Sulawesi Tengah.Jurnal Katalogis, 5(9), 22–32. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/viewFile/9708/7707

Sari, R.P., Arso, S. P., Wigati, P. A. (2017). Hubungan Persepsi Ibu Hamil Tentang Mutu Pelayanan Antenatal dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 119–126.

Tjiptono, F., Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Article Metrics

Abstract view(s): 5747 time(s)
PDF: 5596 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.