Inovasi Mendengarkan Musik Tingkilan Kutai Untuk Terapi Stress Pada Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer

Salsabila Salsabila Azzahra(1*), Rusni Rusni Masnina(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
(2) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
(*) Corresponding Author

Abstract

Siswa dituntut mempersiapkan ujian akhir sekolah dan mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK), sehingga permasalahan ini dapat menimbulkan stress bagi siswa dan jika terus berlanjut akan mempengaruhi kesehatan mental. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui penurunan stress pada siswa yang akan menghadapi UTBK setelah diberikan terapi inovasiĀ  mendengarkan musik Tingkilan Kutai. Metode yang digunakan desain deskriptif pendekatan studi kasus. Sampel yang bersedia terlibat dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Tingkat stres dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala Depression Anxiety and Stress Scale 42 (DASS 42). Skala pengukuran DASS 42 memuat 42 pernyataan yang berkaitan dengan tingkat depresi, kecemasan dan stres seseorang. Pernyataan stres yang terdapat pada DASS 42 dilakukan modifikasi, sehingga bisa menggambarkan keadaan dari subyek penelitian yang melihat perubahan aspek fisik, emosi/psikologis, dan perilaku . Hasil penelitian menunjukkan penurunan stress pada siswa setelah mendengarkan music rata rata 7,7 dimana tingkat stres responden saat pre test kategori memiliki nilai rata-rata 19,2667. Sedangkan tingkat stres responden saat dilakukannya post test memiliki rata-rata sebesar 11,5667. Kesimpulan hasil penelitian Terapi musik tingkilan ini efektif dalam mengurangi stres pada siswa yang akan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Article Metrics

Abstract view(s): 331 time(s)
XML (Bahasa Indonesia): 369 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.