GAMBARAN TINGKAT STRES KERJA TENAGA PENDIDIK DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Ismanto Manik(1), Hendrawati Hendrawati(2), Theresia Eriyani(3), Nur Oktavia Hidayati(4), Iwan Shalahuddin(5*)

(1) Fakultas Keperawan Unpad
(2) Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
(3) Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
(4) Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
(5) Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract

Stres kerja merupakan suatu keadaan dimana seseorang tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik sehingga berdampak pada tuntutan psikologis dan fisik, dan disertai ketidaknyamanan. Stres kerja tenaga pendidik merupakan beban kerja yang dialami ketika sedang melaksanakan tugas sebagai pendidik universitas. Tenaga pendidik merupakan aset suatu pendidikan yang sangat beharga, sehingga potensi yang dimiliki pendidik harus dikembangkan agar berdaya guna serta prestasinya meningkat sesuai dengan yang diinginkan suatu lembaga. Tujuan pada penelitian untuk mengidentifikasi gambaran tingkat stres kerja tenaga pendidik serta berdasarkan gejala-gejala yang terlihat dari perubahan fisik, emosi dan perilaku di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik Accidental sampling (n=60). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian  adalah instrumen Life Event Scale yang dibuat dalam bentuk kuesioner dan disebarkan kepada responden. Analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisa data univariat untuk melihat distribusi frekuensi tingkat stres kerja apakah termasuk ringan, sedang dan berat. Kemudian akan ditampilkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar Tenaga Pendidik Di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran memiliki tingak stres rendah 25 orang (41.7%), 24 orang (40%) mengalami stres berat dan 11 orang (18.3%) mengalami stres sedang. Gejala yang tertinggi adalah emosi, perilaku dan fisik pada stres kerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi institusi Pendidikan untuk mengurangi beban kerja pada tenaga pendidik terutama pada dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Keywords

Dosen, Stres, Stres Kerja

References

Akbar, D. A. (2017). Konflik Peran Ganda Karyawan Wanita dan Stres Kerja. An Nisa’a: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 12(1), 33–48. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/annisa/article/view/1464

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). STRES KERJA.

Atunde, M. O., Abiodun, J., Alabi, S. I., & Awarun, O. (2021). Occupation-Related Stress among University Faculty Staff in Kwara State , Nigeria : Outcomes on Goal Achievement. 20(1), 15–49. https://doi.org/10.12725/ujbm.54.2

Beehr, T. A., & Newmen, J. E. (1978). Job Stress, Employee Health, and Organizational Effectiveness: a Facet Analysis, Model, and Literature Review. Personnel Psychology, 31(4), 665–699. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1978.tb02118.x

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan panduan pelaksanaan dan menerapkan hasil penelitian (revisi).

Elvine, G. (2018). Factors Correlated with Occupational Stress among University Lecturers. Medicine & Health, 13(2), 95–102. https://doi.org/10.17576/mh.2018.1302.9

Gunarto, M., Purwanto, U. B., & P, A. D. (2022). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen. U P HARAPAN. https://doi.org/https://doi.org/10.22441/jurnal

Haydon, T., Leko, M. M., & Stevens, D. (2018). Teacher Stress: Sources, Effects, and Protective Factors. 99–108.

Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2265

Huang, I., & Pranata, R. (2020). Lymphopenia in severe coronavirus disease-2019 ( COVID-19 ): systematic review and meta-analysis. 4, 1–10.

Junaidi, A. (2021). Pengumuman Bimbtek Persiapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran Tatap MukaTerbatas. In 2021.

Kataoka, M., Ozawa, K., Tomotake, M., Tanioka, T., & King, B. (2014). Occupational stress and its related factors among university teachers in Japan. 6(5), 299–305.

Lubis, R., & Budiman, Z. (2014). Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Kinerja Dosen Di Universitas X. Psikologia, 9(7), 96–102.

Masri, I. (2020). Describing the Impact of Occupational Stress on Employees Performances During Covid-19 Pandemic DESCRIBING THE IMPACT OF OCCUPATIONAL STRESS ON EMPLOYEES. July, 0–6. https://doi.org/10.30566/ijo-bs/2020.19

Munandar, A. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Parama Ilmu.

Nurdiawati, E., & Atiatunnisa, N. (2018). Hubungan Stres Kerja Fisiologis, Stres Kerja Psikologis dan Stres Kerja Perilaku Dengan Kinerja Karyawan. Faletehan Health Journal, 5(3), 117–122. https://doi.org/10.33746/fhj.v5i3.24

Pertiwi, E. M., Denny, H. M., & Widjasena, B. (2017). Hubungan Antara Beban Kerja Mental Dengan Stres Kerja Dosen Di Suatu Fakultas. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 260–268.

Prilleltensky, I., Neff, M., & Bassell, A. (2016). Teacher stress: What it is, why it`s important, how it can be alleviated. https://doi.org/10.1080/00405841.2016.1148986

Rahmidini, A., Wirakusumah, F. F., Dewi, P., Padjadjaran, U., Eijkman, J., Jawa, B., & Indonesia, B. (2015). MJ Herman, S Supardi, Y Yuniar - Buletin Penelitian Sistem …, 2011 - researchgate.net. 1, 31–46.

Ristianah, N. (2021). Konsep Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik. INTIZAM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Course Case Map for Mapping forOrganizational Behaviour. 1–18. www.etcases.com

Rustiana, E. R., & Cahyati, W. H. (2012). Stress Kerja Dengan Pemilihan Strategi Coping. KESMAS - Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 149–155. https://doi.org/10.15294/kemas.v7i2.2811

Singal, E. M., Manampiring, A. E., & Nelwan, J. E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Pegawai Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara. 1(March), 40–51.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Taylor, S. E. (2018). Health Psychology (Edisi ke-10).

Thompson, G. R., Le, T., Chindamporn, A., Kauffman, C. A., Alastruey-Izquierdo, A., Ampel, N. M., Andes, D. R., Armstrong-James, D., Ayanlowo, O., Baddley, J. W., Barker, B. M., Lopes Bezerra, L., Buitrago, M. J., Chamani-Tabriz, L., Chan, J. F. W., Chayakulkeeree, M., Cornely, O. A., Cunwei, C., Gangneux, J. P., … Pasqualotto, A. C. (2021). Global guideline for the diagnosis and management of the endemic mycoses: an initiative of the European Confederation of Medical Mycology in cooperation with the International Society for Human and Animal Mycology. The Lancet Infectious Diseases, 21(12), e364–e374. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(21)00191-2

Wildani, A. A. (2012). Gambaran Tingkat Stres Kerja pada Pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok [Skripsi]. Universitas Indonesia, 17. http://lontar.ui.ac.id/

Zetli, S. (2019). HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP STRES KERJA PADA Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 4(2), 63–70.

Zuhby, N. El. (2021). TAFAKUR PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Https://Jurnal.Stai-Alazharmenganti.Ac.Id/Index.Php/Fikroh, 14, No.1, 13–27.

Article Metrics

Abstract view(s): 550 time(s)
XML (Bahasa Indonesia): 491 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.