Kemampuan dan Hasil Belajar TIK Materi Microsoft Excel Melalui Proyektor LCD Siswa Kelas VIII.D SMP

Murni Murni(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian, untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar Tehnologi
Informasi dan Komunikasi materi Microsoft Excel melalui Proyektor LCD pada
peserta didik kelas VIII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teras Boyolali
semester genap tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian peserta didik kelas VIII D berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan
melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dengan metode alu dan kamparasi.
Hasil penelitian, kemampuan dan perolehan nilai dalam pembelajaran Tehnologi
Informasi dan Komunikasi materi Microsoft Excel peserta didik kelas VIII D
Semester genap tahun 2015/2016, selalu mengalami peningkatan dari satu siklus
ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan dan
hasil belajar peserta didik pada materi Microsoft Excel. Sesuai keseluruhan siklus
yang telah dilakukan. Penerapan pembelajaran menggunakan media proyektor LCD
ternyata dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Dalam
setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Selain itu penerapan pembelajaran dengan proyektor
LCD membuat suasana kelas menjadi kondusif, peserta didik menjadi tertarik, aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan serta tidak ada kejenuhan.

Keywords

kemampuan; hasil belajar; TIK; LCD

Full Text:

PDF

References

Amien, M. 1987. Pendidikan Science. Yogyakarta: FKIE IKIP.

Darmawan Deni, 2012, Teknologi Pembelajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

______. 1986. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

______. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, H. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara.

Pandia Henry, 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VIII. Jakarta, Erlangga

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Putra Rahmat, 2009. Microsoft Excel. Jakarta, Erlangga.

Rusman, 2012, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Bandung, Alfabeta

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana, 2011, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Soekartawi, 1985, Meningkatkan Efektivitas Mengjar, Jakarta : Pustaka Jaya.

Subroto, Suryo, (1996), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta :Rineka Cipta.

Supriyanto, 2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Kelas VIII, P e n e r b i t :Yudhistira.

Usman, MU (1996), Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Winarno, Abdullah, Abu Yasid, Rini Marzuki, 2009, Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran, Jakarta, Genius Prima Media

Article Metrics

Abstract view(s): 976 time(s)
PDF: 586 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.