Pengembangan Game Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP
S. Sujalwo(1*), S. Sukirman(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu merupakan salah satu mata pelajaran yang
wajib diajarkan pada pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), akan
tetapi, banyak siswa kurang menyukai pelajaran ini karena dianggap sulit. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis
game untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII, dan (2) menguji
kelayakan media pembelajaran tersebut untuk diterapkan sebagai alternatif metode
pembelajaran IPA Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
research and development (R&D), yaitu merancang dan mengembangkan media
pembelajaran produk berupa game dan selanjutnya melakukan pengujian atas aplikasi
tersebut. Pengujian aplikasi dilakukan terhadap guru Mata Pelajaran IPA tingkat
SMP sebanyak 21 orang dari 8 SMP berbeda. Data diperoleh dari kuisioner yang
didistribusikan kepada para guru sebelum memainkan game dan setelah memainkan
game. Dari pengujian dan pengamatan, diperoleh hasil penelitian bahwa metode
pembelajaran berbasis game ini layak untuk digunakan sebagai media alternatif dan
interaktif. Akan tetapi, penerapan metode ini perlu dilakukan pendampingan dengan
guru terkait, sehingga dapat terarah dengan baik sesuai tujuan belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haryono, Y. R. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA melalui Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray bagi Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 2 Toroh Kabupaten Grobogan Semester Genap Tahun 2015/2016. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12 (Januari), 60–72.
Hatika, R. G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 12, No, 113–117.
Nasution, D., & Mihardi, S. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Training dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Formal Siswa. Physics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Semarang State University, Vol 11, No.
Susilo, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Education, 1 (1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/ view/58
Tobias, S., Fletcher, J. D., & Wind, A. P. (2014). Game-Based Learning. In J. M. Spector, M. D. Merrill, J. Elen, & M. J. Bishop (Eds.), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (pp. 485–503). New York, NY: Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_38
Wulandari, M. D., & Sukirman. (2016). Identifikasi Multiple Intelegensi Anak Berbasis Game Online (pp. 345–350). Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/317166397_Identifikasi_Multiple_ Intelegensi_Anak_Berbasis_Game_Online
Article Metrics
Abstract view(s): 679 time(s)PDF: 1617 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.