Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang
Sri Setyaningih(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengembangan kurikulum di Perguruan Tinggi khususnya pada Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Semarang (UNNES)
pada prinsipnya menyesuaikan dinamika dan perubahan dalam masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana
Program Studi PGSD di UNNES ditinjau dari: perencanaan, pemanfaatan, dan
perawatan. Penelitian menggunakan pendekatam kualitatif dengan informan Ketua
Program Studi dan perwakilan beberapa dosen PGSD. Teknik pengumpulan data
meliputi: 1) observasi partisipan; 2) wawancara mendalam; dan 3) studi dokumen.
Analisis data digunakan model interaktif dengan prosedur: reduksi data, sajian
data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Adapun keabsahan data dilakukan melalui
pengechekan yang berdasar pada 4 (empat) ukuran, yaitu: 1) tingkat kepercayaan; 2)
keteralihan; 3) ketergantungan; dan 4) kepastian. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
perencanaan sarana prasarana mengacu pada alokasi anggaran dan kebutuhan yang
efektif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan, minimal telah menyediakan
lingkungan fisik yang nyaman, aman, mudah diakses, laboratorium komputer,
laboratorium bahasa, laboratorium IPA, dministrasi yang terkoordinir dengan baik;
2) pemanfaatan sarana prasarana mampu menunjang kegiatan Program Studi yang
didasarkan pada kebutuhan dan tuntutan institusi, baik untuk mahasiswa, dosen,
maupun pihak lain yang bekerjasama sehingga ada kemitraan; dan 3) perawatan
sarana prasarana dilakukan berkesinambungan dalam kegiatan Program Studi
yang didukung oleh kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu
barang, sehingga suatu barang kondisinya dalam keadaan baik dan siap digunakan.
Pemeliharaan dimulai pemakaian barang secara hati-hati, termasuk membersihkan
semua alat dan media pembelajaran dan perkantoran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhari, Akyas, 2004, Psikologi Umum dan Perkembangan, Cet. I Jakarta: Mizan Publika.
Bogdan. R. & Taylor, S.J. 1993. Kualitatif: Dasar-dasar Penelitian. Penerjemah: A. Khozin
Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.
Bridget S, et all. 2007. “Evaluation of the Primary Schools Whiteboard Expansion Project-
summary report”. http://www.becta.org.uk
Caliskan E.N. 2010. “The Impact of Strategic Human Resource Management on Organizational
Performance”. Journal of Naval Science and Engineering. Vol. 6 , No.2. http://www.
dho.edu.tr
Danim, S. 2003. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Dirjen
Dikdasmen.
Djamarah, Saiful Bahri, dkk, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Cet. II Jakarta: Asdi Mahasatya.
Glasser & Strauss. 1974. Strategic Human Resource Management, United States Of America,
Dave Shaut
Guba, e. G., & Lincoln, Y. S. 1981. Effective Evaluation: Improving the Esefulness of
Evaluation Results Through Responsive and Naturalistic Approaches, San Fransisco:
Jossey-Bas Publishers.
Harsono. 2008. Model-model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Isjoni. 2006. Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Marshal, C., & Rossman, G. B. 1989. Designing Qualitative Research. Newbury Park,
California: Sage Publication.
Miles. M.B. & Huberman A.M. 1992. Analisis Dcua Kuuliiaiif. Buku Sumber tentang Metodemetode
Baru.
Terjemahan
oleh
Tjetjep
Rohendi
Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia
(UI-PRESS).
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Russ
Media.
Patton, M.Q. 1980. Qualitative Evaluation Methods. London: Sage Publication.
Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Santosa, Joko. 2011. Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak
Sertifikasi Guru, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru
pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi: Tidak Dipublikasikan.
Sadiman, S. Arief, 2007, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangaan, dan
Pemanfaatannya, Ed. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudibyo, B. 2007. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.
Jakarta : Depdiknas.
Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta:
Fairuz Media.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional (Tinjauan dari Perpsektif Postmodernisme
dan Studi Kultural. Jakarta: Kompas.
Uwes, S. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana lmu.
Victoria. 2005. “Professional Learning in Effective Schools”. Published by Leadership and
ISSN: 1907-4034
Teacher Development Branch Office of School Education Department of Education &
Training Melbourne,
Wiley, M.G.. 2012. “Curriculum”. http://en.wikipedia.org/wiki/Curriculum.
Wolf P., Hill A & Evers F . 2006. “Handbook for Curriculum Assessment Winter 2006”.
Journal University of Guelph,Guelph, Ontario, Canada N1G 2W1 http://www.uoguelph.
ca/tss/resources/pdfs/HbonCurriculumAssmt.pdf
Yusufhadi, M, 2010. “Sarana dan Prasarana Sekolah Model Unggulan di DKI Jakarta”. http://
www.duniaguru.com.
Zaini, M. 2006. Pengembangan Kurikulum: Konsep, Implementasi, Evaluasi dan Inovasi.
Surabaya: Elkaf.
Article Metrics
Abstract view(s): 2689 time(s)PDF: 10468 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.