Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang

Sri Setyaningih(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengembangan kurikulum di Perguruan Tinggi khususnya pada Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Semarang (UNNES)
pada prinsipnya menyesuaikan dinamika dan perubahan dalam masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana
Program Studi PGSD di UNNES ditinjau dari: perencanaan, pemanfaatan, dan 

perawatan. Penelitian menggunakan pendekatam kualitatif dengan informan Ketua
Program Studi dan perwakilan beberapa dosen PGSD. Teknik pengumpulan data
meliputi: 1) observasi partisipan; 2) wawancara mendalam; dan 3) studi dokumen.
Analisis data digunakan model interaktif dengan prosedur: reduksi data, sajian
data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Adapun keabsahan data dilakukan melalui
pengechekan yang berdasar pada 4 (empat) ukuran, yaitu: 1) tingkat kepercayaan; 2)
keteralihan; 3) ketergantungan; dan 4) kepastian. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
perencanaan sarana prasarana mengacu pada alokasi anggaran dan kebutuhan yang
efektif dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan, minimal telah menyediakan
lingkungan fisik yang nyaman, aman, mudah diakses, laboratorium komputer,
laboratorium bahasa, laboratorium IPA, dministrasi yang terkoordinir dengan baik;
2) pemanfaatan sarana prasarana mampu menunjang kegiatan Program Studi yang
didasarkan pada kebutuhan dan tuntutan institusi, baik untuk mahasiswa, dosen,
maupun pihak lain yang bekerjasama sehingga ada kemitraan; dan 3) perawatan
sarana prasarana dilakukan berkesinambungan dalam kegiatan Program Studi
yang didukung oleh kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu
barang, sehingga suatu barang kondisinya dalam keadaan baik dan siap digunakan.
Pemeliharaan dimulai pemakaian barang secara hati-hati, termasuk membersihkan
semua alat dan media pembelajaran dan perkantoran.

 

Keywords

pengelolaan; sarana prasarana; kurikulum

Full Text:

PDF

References

Azhari, Akyas, 2004, Psikologi Umum dan Perkembangan, Cet. I Jakarta: Mizan Publika.

Bogdan. R. & Taylor, S.J. 1993. Kualitatif: Dasar-dasar Penelitian. Penerjemah: A. Khozin

Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.

Bridget S, et all. 2007. “Evaluation of the Primary Schools Whiteboard Expansion Project-

summary report”. http://www.becta.org.uk

Caliskan E.N. 2010. “The Impact of Strategic Human Resource Management on Organizational

Performance”. Journal of Naval Science and Engineering. Vol. 6 , No.2. http://www.

dho.edu.tr

Danim, S. 2003. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Dirjen

Dikdasmen.

Djamarah, Saiful Bahri, dkk, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Cet. II Jakarta: Asdi Mahasatya.

Glasser & Strauss. 1974. Strategic Human Resource Management, United States Of America,

Dave Shaut

Guba, e. G., & Lincoln, Y. S. 1981. Effective Evaluation: Improving the Esefulness of

Evaluation Results Through Responsive and Naturalistic Approaches, San Fransisco:

Jossey-Bas Publishers.

Harsono. 2008. Model-model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Isjoni. 2006. Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Marshal, C., & Rossman, G. B. 1989. Designing Qualitative Research. Newbury Park,

California: Sage Publication.

Miles. M.B. & Huberman A.M. 1992. Analisis Dcua Kuuliiaiif. Buku Sumber tentang Metodemetode

Baru.

Terjemahan

oleh

Tjetjep

Rohendi

Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia

(UI-PRESS).

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Russ

Media.

Patton, M.Q. 1980. Qualitative Evaluation Methods. London: Sage Publication.

Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Santosa, Joko. 2011. Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak

Sertifikasi Guru, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru

pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi: Tidak Dipublikasikan.

Sadiman, S. Arief, 2007, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangaan, dan

Pemanfaatannya, Ed. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudibyo, B. 2007. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.

Jakarta : Depdiknas.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta:

Fairuz Media.

Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional (Tinjauan dari Perpsektif Postmodernisme

dan Studi Kultural. Jakarta: Kompas.

Uwes, S. 1999. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana lmu.

Victoria. 2005. “Professional Learning in Effective Schools”. Published by Leadership and

ISSN: 1907-4034

Teacher Development Branch Office of School Education Department of Education &

Training Melbourne,

Wiley, M.G.. 2012. “Curriculum”. http://en.wikipedia.org/wiki/Curriculum.

Wolf P., Hill A & Evers F . 2006. “Handbook for Curriculum Assessment Winter 2006”.

Journal University of Guelph,Guelph, Ontario, Canada N1G 2W1 http://www.uoguelph.

ca/tss/resources/pdfs/HbonCurriculumAssmt.pdf

Yusufhadi, M, 2010. “Sarana dan Prasarana Sekolah Model Unggulan di DKI Jakarta”. http://

www.duniaguru.com.

Zaini, M. 2006. Pengembangan Kurikulum: Konsep, Implementasi, Evaluasi dan Inovasi.

Surabaya: Elkaf.

Article Metrics

Abstract view(s): 2689 time(s)
PDF: 10468 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.