Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK
Nur Awalludin(1*), Djalal Fuadi(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan Perencanaan Kurikulum
Pembelajaran Komputer dan Jaringan dasar di SMK Negeri 2 Sragen. (2)
Mendiskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Komputer dan Jaringan dasar di SMK
Negeri 2 Sragen. (3) Mendiskripsikan Penilaian Kurikulum Komputer dan Jaringan
dasar di SMK Negeri 2 Sragen.Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif yang dilakukan di SMK Negei 2 Sragen. Subyek utama dalam penelitian
adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi
data, dan penyajian data serta kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian dengan
trianggualsi.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran Komputer
dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Sragen dilaksanakan dengan cara menyiapkan
perangkat pembelajaran berupa, Silabus, Program Tahunan, Program Semester dan
rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan pembelajaran Komputer
dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Sragen dilaksanakan dengan menggunakan
berbagai macam metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan antara
lain model pembelajaran dengan ceramah, diskusi kelompok, demonstrasi serta
simulasi. Peran guru dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar sebagai
fasilitator, sedangkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. (3) penilaian
kurikulum Komputer dan Jaringan Dasar dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui
kegiatan supervisi untuk mengetahui ketercapaian kurikulum serta sebagai acuan
dalam melakukan tindak lanjut perbaikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir,S. 2013,Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah Dalam
Arifin, Z. 2014, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta:
Bayanfar, F. 2013, The Effect of Hidden Curriculum on Academic Achievement of High School
Student, InternationalResearchJournalofAppliedandBasicSciences, Vol,5(6):671681
Chirwa, G. 2014, Curriculum Change and Development in Malawi: A Historical
Overview, Mediterranean journal of School Sciences, Vol 5 No. 16: 336-346
Dinn, W.2014,Manajemen Kurikulum, Bandung: Rosda Karya.
E. Mulyasa, 2009 Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan
Fattah,N. 2001,Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja rosdakarya.
Hamalik, O. 2010,Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, S. 2013,Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lumadi, M,W. 2014, Building a Conducive Learning Environment in Dysfunctional School:
A Curriculum Development Tool, Mediterranean journal of School Sciences, Vol
No. 6: 319-325
Moleong J. Lexy, 2008,Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustari, M., 2014 Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajawali pers.
Nawawi, Hadari dan Martin, 1994. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada Uni-
versity Press.
Ramayulis, 2008,ILmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Rosda Karya.
Rumahlatu, 2016,An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in
The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia,International Journal of
Environmental and Science Education,No. 2016.418
Rusman, 2012,Manajemen Kurikulum. Jakarta. Rajawali Pers.
Sugiyona, 2014,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Saodih, 2012,Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT: Remaja Ros-
dakarya.
Sulistyorini, 2009,Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya : TERAS.
Sutama, 2016,Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D). Kartasu-
ra: Fairuz Media
Syaiful, Djamarah,B. 2010,Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Teori Konsep Dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2012,Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yadin, 2012, Enhancing Information Systems Students’ Soft Skill– a CaseStudy, Vol. 10, 17-
Article Metrics
Abstract view(s): 432 time(s)PDF: 747 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.