Manajemen Praktik Kerja Lapangan di SMK Batik 2 Surakarta

Diyah Setiyaningrum(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian Praktik Kerja Lapangan di SMK Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian
ini kualitatif etnografi. Teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian:
1) Perencanaan Praktik Kerja Lapangan sudah dilaksanakan dengan baik, meliputi
tahapan sinkronisasi kurikulum, pembuatan peta DU/DI, koordinasi program kerja
PKL, sosialisasi program PKL, dan pembekalan PKL. 2) Pelaksanaan PKL di SMK
Batik 2 Surakarta sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu meliputi: penyerahan siswa
PKL, pengorganisasian siswa PKL di lokasi DU/DI, monitoring PKL, penarikan siswa
PKL, dan pelaporan PKL. 3) Penilaian PKL di SMK Batik 2 Surakarta dilakukan
dalam sebuah rapat yang diikuti oleh TIM HKI (Hubungan Kerja Industri) yang
terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Wakil Kepala Humas, seluruh
Ketua Kompetensi Keahlian, dan Wali kelas membahas keseluruhan kegiatan PKL
tentang perencanaan dan pelaksanaan kegiatan PKL.

Keywords

manajemen; Praktik Kerja Lapangan; siswa

Full Text:

PDF

References

Hapipah, Sowiyah, Sumadi. 2017. “Implementasi Manajemen Praktik Kerja Industri di SMK

Negeri 3 Bandar Lampung”. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, Vol. 5, No. 2, hlm.

-8.

Hergert, Michael. 2009. “Student Perceptions Of The Value Of Internships In Business

Education’. American Journal of Business Education, Vol. 2, No. 8, hlm. 9-13.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Handout Pendampingan Implementasi

Kurikulum 2013 SMK Tahun 2015: Praktik Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah

Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat

Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Maelah, R., Aman, A., Mohamed, Z.M., & Ramli, R. 2012. “Enhancing soft skills of accounting

undergraduates through industrial training”. Procedia - Social and Behavioral Sciences,

Vol. 59, hlm. 541 – 549.

Malik, Muh. N. dan Hasanah. 2015. “Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah

Kejuruan”. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 18, Nomor 2, hlm. 82-91.

Moses, Kirya M. 2017. “The Industries Cooperation Of Information Technology Vocational

High School”. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 5, Number 3,, hlm. 89–95.

Nicholas, A.J. 2016. “Internships: Experiential Learning, Academic Connection and

Assessment”. Faculty and Staff - Articles & Papers. Paper 61.

Rahayu, I.S., Soegito, & Roshayanti, F. 2017. “Perencanaan Praktik Kerja Industri

Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan

Negeri 7 Semarang”. Jurnal. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sujarwo dan Supriyati, Y. 2017. “The Management of Industrial Internship”. International

Journal of Human Capital Management, Vol. 1, No. 1, hlm. 183-191.

Susana, Nanik. 2016. “Pengelolaan Praktik Kerja Industri”. Manajer Pendidikan, Volume 10,

Nomor 6, hlm. 579-587.

Susanto, I. dan Ansori, A. 2015. “Evaluasi Pelaksanan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada

Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik”. JPTM, Volume 04 Nomor

, hlm. 64-70.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta:

Fairuz Media.

Suwarni. 2015. “Manajemen Praktik Kerja Industri”. Manajer Pendidikan, Volume 9,

Nomor1, hlm. 1-14.

Article Metrics

Abstract view(s): 700 time(s)
PDF: 1274 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.