Pengelolaan Pembelajaran Praktek Teknik Pemesinan di SMK
Agung Kurniawan(1*), Achmad Fathoni(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3)
penilaian pengelolaan pembelajaran praktek Teknik Pemesinan di SMK Pancasila 1
Wonogiri.Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Teknik pengumpulan
data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data analisis model
interaktif, dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Pengujian data dengan menggunakan
teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian :(1) perencanaan pembelajaran praktek
pemesinan meliputi penyusunan program, perumusan tujuan dan sasaran program
dengan tujuan mendapatkan persamaan persepsi seluruh warga sekolah tentang
perencanaan yang sudah di buat, (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMK Pancasila 1 Wonogiri kepala sekolah memberikan penilaian terhadap guru, kepala Kompetensi
Keahlian (K3) melakukan pengawasan pembelajaran praktek pemesinan secara
menyeluruh, guru praktek teknik pemesinan melaksanakan pembelajaran praktek
produktif secara teori dan praktek, pembelajaran teori membekali dan memperkenalkan praktek yang dilaksanakan sedangkan pembelajaran praktek mendemonstrasikan bagian mesin, mengoperasikan mesin, penggunaan alat, pemilihan bahan, dan mengerjakan benda kerja,(3) Penilaian pembelajaran dimonitor oleh kepala sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian (K3) melakukan penilaianpelaksanaan dan sarana prasarana pembelajaran praktek pemesinan, guru melakukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil kegiatan praktek produktif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, Y., & Tang, Y. (2012). Discussion on construction and development of local higher,
, 1149–1154. https://doi.org/10.1016/j.phpro.2012.05.189
Chryssolouris, G., Mavrikios, D., & Rentzos, L. (2016). The Teaching Factory: A Manufacturing
Education Paradigm. Procedia
CIRP,
,
–48. https://doi.org/10.1016/j.
procir.2016.11.009
Emir, O. (2013). The Effect Of Training On Vocational High School Students In Their Professional
Development. Procedia
- Social and Behavioral Sciences,
, 2724–2738.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.313
Hascher, T., & Hagenauer, G. (2016). Openness to theory and its importance for pre-service
teachers’ self-efficacy, emotions, and classroom behaviour in the teaching practicum.
International Journal of Educational Research, 77, 15–25. https://doi.org/10.1016/j.
ijer.2016.02.003
Liu, Y., & Chen, Y. (2017). Exploration on Production-Teaching-Study Method of Land
Planning Course of Urban & Rural Planning Major, (Icesd), 609–613.
Matematika, P., Ums, F., Penelitian, A., & Tengah, J. (n.d.). Pascabencana Erupsi Merapi
Sutama , Sabar Narimo , dan Haryoto Management Of Mathematics Learing After The
Merapi Eruption Disaster, 7–17.
Moses, K. M. (2016). Improving the quality and competence of technical vocational education
and training output through vocational school cooperation with industry: A case study
of Uganda. AIP Conference Proceedings, 1778. https://doi.org/10.1063/1.4965794
Wu, X., Chen, Y., Zhang, J., & Wang, Y. (2012). On Improving Higher Vocational College
Education Quality Assessment.
Physics
Procedia,
,
–1132.
https://doi.
org/10.1016/j.phpro.2012.05.185
Yoto. (2016). Superior Smk as Educational Laboratory, (20), 978–984.
Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : Fairuz Media
Article Metrics
Abstract view(s): 398 time(s)PDF: 747 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.