PENGEMBANGAN PERMAINAN MAKE A MATCH BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN

Rendy Putra Pratama(1*), Rochmawati Rochmawati(2)

(1) Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Surabaya
(2) Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Learning media is believed to be one of the important parts of the learning process, especially computer-based media. This study aims to develop a computer game-based media Make a Match and to analyze its feasibility as a media enrichment. This study provided a type of educational Research and Development (R&D) by referring to the model of development ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The result of validations by material experts, linguists, and media experts showed thatthe average worthiness of assessment was 86,27%. The average percentage revealed the number of 90,1% in the material aspect, 81,4% in the linguistics aspect, and 86,7% in the media aspect. Therefore, this computer based-game is very decent to be used as amedia enrichment for students. 

Keywords

a computer game-based media, make a match, enrichment media, merchandise inventory

References

Afanty, S., Siswandari, & Jaryanto. 2016. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi SMK Surakarta. Jurnal “Tata Arta” UNS, 5(1), 121–133.

Aghni, R. I. 2018. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Andriyani, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arno, Atmadja, N.B., & Maryati, T. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teknik Make A Match (Kartu Berpasangan) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII G Semester Genap di SMP Negeri 3 Singaraja Buleleng Bali Tahun Ajaran 2014/2015. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjps.v5i1.5382.

Asich, I. 2017. Pengembangan Permainan Kartu Make A Match Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 01(01), 1–7.

Asrini, Y. P., & Susanti. 2017. Pengembangan Media Pengayaan Merchandise Inventory Game Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa KelasXI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–7.

Darmawan, D. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Dianayanti, N, L, P.,& Sumantri, M. 2020. Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (2), 170-180.

Dirman, & Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febriana, A. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas PembelajaranIPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 151–161.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.Irwanto, & Nurpahmi, S. 2017. Using Make-A Match to Improve The Students’ Reading Comprehensionat MTS Guppi Samata Gowa. ETERNAL (English, Teaching, Learning and Research Journal), 3(2), 159–169. https://doi.org/10.24252/eternal.v32.2017.a5.

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. 2020. “Make AMatch Model” forImproving The Understanding of Concepts and Student Learning Results.Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta: Grasindo.

Mardati, A., & Wangid, M. N. 2015. Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match untuk Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120–132.

Mukhtar, & Rusmini. 2005. Pengajaran Remedial: Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Nimas Multima.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. 2017. Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209.

Pribadi, B. A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Setyosari, P. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020.

Wibowo, K. P., & Marzuki. 2015. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil BelajarIPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667.

Wulandari, L. T. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Laporan Keuangan KelasX Akuntansi SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 01(01), 1–7.

Article Metrics

Abstract view(s): 1492 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1007 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.