PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PROGRAM KEJAR PAKET C
Ranulin Windarsari(1*), Sunardi Sunardi(2), Djono Djono(3)(1) Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, I. & Suprayogi, U. 2011. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Agung S., L & Wahyuni, S. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Aman. 2012. Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 16 (2). 437-456.
Azhar. 2011. Model Pembelajaran Kewirausahaan pada PKBM Binaan SKB Kabupaten Temanggung. Jurnal Kependidikan. 41 (1), 11-22.
Ciptasari, D. R. 2015. Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C “Harapan Bangsa” di UPTD SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4 (2), 115-120.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif: Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru. Jakarta: AV Publisher.
Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. 2011. Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Pendidikan Kesetaraan di Kota Semarang. Semarang: UNNES.
Hamidah, S., Rahmawati, F., & Jaedun, A. 2013. Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi Bagi Penumbuhan Karakter Pekerja Profesional Bidang Boga. Jurnal Kependidikan, 43 (2), 164-173.
Hermawan, I. K. D. 2012. Kinerja Pendidikan Kesetaraan sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (1), 65-84.
Jannah, M. 2013. Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Jurnal Dinamika Ilmu, 13 (1). 1-16.
Miles, M.B. & Huberman, A. M. 2002. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi R. Jakarta: UI-Press.
Misco, T. & Petterson, N. C. 2009. An Old Fad of Great Promise: Reverse Chronology History Teaching in Social Studies Classes. Journal of Social Studies Research, 33 (1), 71-90.
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Niron, M.D., Budiningsih, C.A., dan Pujiriyanto. Rujukan Integratif dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 43 (1), 19-31.
Patton, M. Q. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspawati, P. 2012. Penyusunan dan Pengembangan KTSP Program Pendidikan Kesetaraan. Diunduh di http://dikporasruweng.blogspot.co. id/2012/02/penyusunan-dan-pengembangan-ktsp.html diakses pada Jumat, 24 Juni 2016 pukul 13:31.
Retnawati, H., Kartowagiran, B, Hadi, S, dan Hidayati, K. (2011). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik dalam Belajar Matematika dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 41 (2), 162-174.
Soepardjo. 2013. Kontribusi Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Sikap Kebangsaan terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 17 (1), 108-126.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Supardi. 2014. Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2 (1), 91-99.
Sutisna, A. 2015. Pengembangan Model Bimbingan Teknis Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kompetensi Tutor Paket C. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10 (2), 93-101.
Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suyitno, I., Kamal, M., Sunoto, & Suherjanto, I. 2016. Teknik Pembelajaran Observasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Kependidikan. 46 (1), 14-28.
Tuahunse, T. 2009. Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dengan Sikap Terhadap Bela Negara. Jurnal Kependidikan. XXXIX (2), 21-34.
Waspodo, M. 2009. Peran Tutor dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Andragogi. Jurnal Ilmiah VISI, 4 (1), 63-70.
Yin, R. K. 2002. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view(s): 448 time(s)PDF: 469 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.