An Analysis of Students’ Difficulties in Solving Story Based Problems and Its Alternative Solutions
Tika Karlina Rachmawati(1*)(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Agus, Nuniek Avianti. (2008). Mudah Belajar Matematika 2 untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedogogia, Jurnal Researcheran Pendidikan, 11(1). Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article.view/95.
Hidayat, B.R. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Researcheran dilakukan di SMAN 7 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012), Jurnal Pendidikan Matematika Solusi UNS, Vol.1, No.1, 39-46.
Maricia, S. (2015). Developing Critical Thinking in Elementary Mathematics Education through a Suitable Selection of Content and Overall Student Performance, Procedia Social and Behavioral Sciences, 180, 653-659.
Mulyadi. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman ’ S Error Analysis ( Nea ) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika UNS, 3(4), 370–382.
Nurussafa’at, F.A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika UNS, Vol.4, No.2, 174-187.
Permendiknas no 22 Tahun 2006.
Priyanto, A., &Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember ( Analysis of 8th Grade Junior High School 10 Jember Solving Math Story Problem of Pythagorean Theorem Based on Newman Error Category ), 1–5.
Rahardjo, S.(2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras: Prosiding Konferensi Nasional Researcheran Matematika dan Pembelajaran (KNPMP I), Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 12 Maret 2016 (hal. 377–384).
Satoto, S. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).
Seyitoglu, dkk. (2011). Students’ views About Activities Developed on The History of Pythagoras’ theorem, Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 882-886.
Yuwono, M.R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Majalah Ilmiah Uinversitas Widya Dharma Klaten, No.95, 14-25.
Article Metrics
Abstract view(s): 1592 time(s)PDF: 957 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.