REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN GARNIER SAKURA WHITE DAN WARDAH WHITE SECRET

Ghozi Daffa Satria(1*), Fajar Junaedi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian berusaha untuk mengetahui representasi kecantikan perempuan dalam iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret dengan melihat standar kecantikan perempuan Indonesia. Metode penelitian yang dipilih adalah semiotika. Kecantikan perempuan merupakan hal yang menarik untuk diteliti mengenai pandangan seseorang terhadap kecantikan perempuan dan standar kecantikan perempuan menurut masyarakat dan iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret. Penelitian ini menggunakan teori representasi dan mitos kecantikan. Melalui metode semiotika ditemukan bahwa iklan Garnier Sakura White merepresentasikan kecantikan perempuan yang glowing tanpa make up. Iklan ini menunjukkan bahwa media mengistimewakan kecantikan perempuan barat / blasteran dan menganggapnya sebagai perempuan yang ideal. Sedangkan pada iklan Wardah White Secret merepresentasikan kecantikan perempuan natural. Iklan Wardah White Secret menunjukan representasi inferioritas kulit gelap terhadap kulit putih. Ideologi pascakolonial masih lekat dalam representasi yang dihadirkan dalam iklan Wardah White Secret. Kedua iklan tersebut merepresentasikan kecantikan seorang perempuan yang berubah. Dari kuasa pascakolonialisme yang mengagungkan dunia Barat, bergeser ke dunia Timur. Pergeseran ini tetap saja menempatkan pribumi sebagai pihak yang inferior.

References

Abdullah, I. M., Studi, P., Komunikasi, I., Yogyakarta, U. M., Widiasmara, H., Studi, P., Komunikasi, I., Yogyakarta, U. M., Syarifudin, M., Ulum, F., Studi, P., Komunikasi, I., & Yogyakarta, U. M. (2022). Representasi Kulit Putih Perempuan dalam Iklan MS Glow. 3(2).

Amin, O. L. G. (2015). Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “Real Beauty Sketches” Di Situs Youtube. Commonline Departemen Komunikasi, 4(1), 1–12.

Arsitowati, W. H. (2018). Kecantikan Wanita Korea Sebagai Konsep Kecantikan Ideal Dalam Iklan New Pond’S White Beauty: What Our Brand Ambassadors Are Saying. Humanika, 24(2), 84–97. https://doi.org/10.14710/humanika.v24i2.17572

Burton, G. (2007). Membincangkan televisi : sebuah pengantar kepada studi televisi (Edisi Indo). JALASUTRA.

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Jalasutra.

Frith, S., & Gates, H. L. (2010). A Dictionary of cultural and critical theory. In M. Payne & J. R. Barbera (Eds.), Choice Reviews Online (second edi, Vol. 33, Issue 11). Blackwell Pulishing Ltd. https://doi.org/10.5860/choice.33-6034

Girindra, A., Weliangan, H., & Pardede, Y. O. K. (2018). Citra Tubuh Dan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Pengguna Kosmetik Wardah. Jurnal Psikologi, 11(2), 143–152. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2259

Hackley, C. (2014). Introducing Advertising and Promotion. Advertising and Promotion: Communicating Brands, 1–24. https://doi.org/10.4135/9781446278789.n1

Hall, S. (1997). Representation-STUART HALL.pdf (pp. 1–109). SAGE Publications Ltd.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.

Indika, D. R., & Lainufar, S. (2016). Eksplorasi Sikap Konsumen Terhadap Kosmetik Halal (Studi Kasus: Wardah). Performa: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, XIII(1), 55–64. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3517/2110

Kasanova, R. (2016). Penggunaan Teknik Persuasif Dalam Iklan. Jurnal Ilmu Bidang Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–10. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_komposisi/article/view/122

Kholqiana, A., Fauzianin, Q., & Azzahra, S. T. (2020). Representasi Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Wardah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12023

King, A. (2004). The prisoner of gender: Foucault and the disciplining of the female body. Journal of International Women’s Studies, 5(2), 29–39.

Leeuwen, T. van. (2008). Discourse and Practice. Oxford University Press, Inc.

Markplus.inc. (2020). ZAP Beauty Index 2020 | 1. ZAP Beauty, 1–36.

Mayasari, Anggi."Tren Berubah, Dulu Wanita Ramai Ingin Putih Kini Maunya Kulit Glowing". https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4863311/tren-berubah-dulu-wanita-ramai-ingin-putih-kini-maunya-kulit-glowing.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158

Musarrofa, I. (2019). Pemikiran Pierre Bourdieu Tentang Dominasi Maskulin dan Sumbangannya Bagi Agenda Pengarusutamaan Gender di Indonesia. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 9(1), 34. https://doi.org/10.15548/jk.v9i1.227

Nurhadi, O., & Griffiths, G. (1993). POSKOLONIAL : SEBUAH PEMBAHASAN. 1–19.

Puspa, R. (2010). Daftar Isi Isu Ras dan Warna Kulit dalam Konstruksi Kecantikan Ideal. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 23(4), 312–323.

Qonaah, S., & Munanjar, A. (2021). Konstruksi Sosial Media Massa Pada Iklan Lux Versi “Botanicals All-in-One Magical.” J-Ika, 8(2), 107–114. https://doi.org/10.31294/kom.v8i2.10622

Ramadhani, M. (2017). Hubungan Body Image Dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik Putri di MTs Muhammadiyah Lakitan Kabupaten Pesisir Selatan. 8.5.2017.

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3589

Saraswati, L. A. (2013). Seeing Beauty , Sensing Race.

Sari, N. E. (2020). Wacana Besar Postkolonial : Konstruksi Warna Kulit Perempuan Indonesia Oposisi Biner Terkait Warna Kulit Perempuan : Kulit Putih dan Kulit Gelap ( Berwarna ). 1994.

Sari, W. P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 7(2), 198–206. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/18

Saussure, F. de. (1993). Pengantar Linguistik Umum. Gadjah Mada University Press.

Setiawan, B. W. (2020). Hubungan antara Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Awal.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika Komunikasi (Edisi 2). Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Winarni Wahyu, R. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan. Deiksis, 2(2), 134–152.

Wolf, N. (2002). The beauty myth: how images of beauty are used against women. In Choice Reviews Online (Harper Per, Vol. 29, Issue 05). HarperCollins Publisher Inc. https://doi.org/10.5860/choice.29-3031

Article Metrics

Abstract view(s): 4118 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 5058 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.