Efektivitas Instagram Sebagai Media Informasi Pondok Modern Darul Hijrah Putra Martapura
Mohammad Luthfi(1), Muhammad Taufiq Mubarak(2*)(1) Universitas Darussalam Gontor
(2) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amin, K., Alfarauqi, M. D. A., & Khatimah, K. (2018). Social Media, Cyber Hate, and Racism. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 3–10. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i1.5613
Annur, C. M. (2022). Ada Berapa Pengguna Internet dan Media Sosial di Seluruh Dunia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/12/08/ada-berapa-pengguna-internet-dan-media-sosial-di-seluruh-dunia
Austin, E. W., & Pinkleton, B. E. (2006). Strategic Public Relation Management. LAWRENCE ERLBAUM ASSOCIATES, PUBLISHERS.
Dwijayanti, J., & Kusumastuti, Y. I. (2018). Hubungan Antara Cyber Public Relations dalam Mengkomunikasikan Etika Bisnis dan Citra Burgreens. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 186–203. http://ithh.journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25631/16642
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.
Hubner, I. B., Virgiana Wijaya, J., & Dwi Nugraha, K. (2022). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Flash Coffee Di Jabodetabek. Jurnal Bangun Manajemen, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.94
Ilhamuddin, M. F., Rifqi, A., Setianingrum, V. M., & Naqiyah, N. (2021). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Humas Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89–93.
Jannati, N., Praktisi, R., Dan, P. R., Pascasarjana, L., & Komunikasi, M. (2015). Tantangan dan Kesempatan Praktisi Public Relations Menghadapi Dinamika Era Digital di Indonesia. CommLine, VI(2), 131–142. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/commline/article/view/609
Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136
Kriyantono Ph.D, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. PRENADAMEDIA GROUP.
Kurniawati, W. D. N. (2016). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(2), 127–143. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943
Lim, R. P., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Pengguna Instagram terhadap Kesehatan Mental Instagramxiety pada Remaja di Kota Salatiga. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 47–66. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13757
Nandiwardhana, B. (2020). Etika Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Citra Perusahaan. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 3(3), 228–240. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i3.90
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Prasetyo, K., Amrullah, H. F., & Endri, E. P. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @satgascovid19.id Di Memenuhi Kebutuhan Informasi Tentang Covid-19 ( Survei Masyarakat DKI Jakarta ). Journal of Social Sciences and Humanties, 18(7), 309–318.
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Riduwan, & Akdon. (2008). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. ALFABETA.
Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP, 4(2), 1–13.
Solis, B. (2010). Engage! The complete guide for brands and businesses to build, cultivate, and measure success in the new web. In International Journal of Advertising (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.2501/S0265048710201300
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv.
Susanto, T., Utamidewi, W., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 200–210. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3454
Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations Pt. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792
Susilo, A., Tresnawati, Y., Kresnowiati, W., & Listiani, E. (2022). Social Media and Government : The Effectiveness of Instagram as Socialization Media for Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Program by Ministry of Education and Culture , Republic of Indonesia. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 4(2), 197–208.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2021). Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication PT GMF Aeroasia. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(2), 81–97. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/4173
Article Metrics
Abstract view(s): 776 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 620 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.