REVERSE ENGINEERING BODY FENDER MOBIL ESEMKA RAJAWALI II DENGAN MEMBANDINGKAN HASIL PENGUKURAN DENGAN MENGGUNAKAN COORDINATE MEASURING MANUAL MACHINE DAN LASER SCANNERARTICULATED MEASUREMENT ARMS

Akhmad Pujiono(1*), Supriyono Supriyono(2), Joko Sedyono(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode reverse engineering yang bertujuan untuk mendapatkan gambar 3D surface fender mobil Esemka Rajawali II serta membandingkan hasil pengukuran fender dengan menggunakan dua langkah pengukuran (scanning). Langkah pertama adalah pengukuran (scanning) pada fender mobil Esemka Rajawali II dengan menggunakan alat ukur 3D manual, sedangkan Langkah kedua adalah pengukuran (scanning) fender mobil Esemka Rajawali II dengan menggunakan 3D Laser Scanner Articulated Measurement Arms (LSAMA). Data yang diperoleh dari proses pengukuran (scanning) dari kedua alat tersebut diatas berupa titik koordinat (point cloud) x,y dan z, yang selanjutnya data titik koordinat tersebut dimasukkan ke softwere solidworks untuk membuat gambar part 3D surface fender mobil esemka Rajawali II. Setelah proses membuat gambar part 3D surface fender selesai dilakukan, tahapan selanjutnya membandingkan hasil scanning (pengukuran) dari kedua alat ukur tersebut. Titik (point) koordinat pada komponen fender merupakan titik (point) bantu yang digunakan untuk menerangkan bentuk dari surface pada fender tersebut. Semakin banyak jumlah dari point yang digunakan maka semakin bagus bentuk fender yang dihasilkan, hal tersebut disebabkan antara point satu maupun point yang lainnya dihubungkan melalui garis sebelum dilakukan surface pada softwere solidworks. Jumlah point maupun letak dari point tersebut diberikan secara acak (random) pada komponen fender tersebut. Dari kedua alat ukur tersebut yaitu 3D (LSAMA) dan alat ukur 3D manual, menggunakan jumlah point koodinat yang sama.

References

Manzoor Hussain, Sambasiva Rao, Prasad, 2008. “ Reverse Engineering: Point Cloud

Generation With CMM For Part Modeling and Error Analysis”. ARPN Journal of

Engineering and A pplied Sciences, India, Vol. 3, No.4 Agust 2008, p. 37-40.

Matej Paulic, TomazIrgolic,Joze Balic, Franc Cus, Andrej Cupar, Tomaz Brajlih, Igor

Drstvensek, 2013. “Reverse Engineering of Parts with Optical Scanning and Additive

Manufacturing”. ScienceDirect, Slovenia, Procedia Engineering 69 (2014) 795-803.

Bambang Waluyo Febriantoko. “Reverse Engineering Sebagai Basis Desain

Pengembangan Mobil Mini Truck Esemka” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi

Sains & Teknologi (SNAST) Periode III ISSN: 1979-911X Yogyakarta, 3 November

P 318-324.

Antonio Piratelli-Filho,Pedro Henrique Jobim Souza, Rosenda Valdes Arencibia,

Nabil Anwer “Study of Contact and Non Contact Measurement Techniques Applied

to Reverse Engineering Of Complex Free From Parts” International Journal of

Mechanical Engineering and Automation, Ethan Publishing Company, 2014, pp.10.

Piratelli-Filho, A., Souza, P.H.J., Arencibia, R.V., & Anwer, N., (2014). Study of

Contact and Non Contact Measurement Techniques Applied to Reverse Engineering

Of Complex Free From Parts. International Journal of Mechanical Engineering and

Automation, 10.

Abdil Kus. “Implementation of 3D Optical Scanning Technology for Automotive

Applications”. Turkey. Sensors 2009 , Vol 9. P 1967-1979.

Article Metrics

Abstract view(s): 525 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 435 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.