Developing Pictorial Storybook on Alternative Energy for Primary School
Kintan Limiansih(1*), Ignatia Esti Sumarah(2), Vita Dika Erviana(3)(1) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(2) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(3) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adipta, Hendra, dkk. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 989–992.
Anindita, P. F. (2009). Kincir Air dan Kincir Angin. Bandung: PT. Sarana Ilmu Pustaka.
Apriliani, S.P. dan Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.
Ditanigtias, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Buku Cerita Bergambar (Cergam) Tema 3 Subtema 3 (Ayo Cintai Lingkungan) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.
Hafid, A. (2002). Buku Bergambar sebagai Sumber Belajar Apresiasi Cerita di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 82.
Haryanto. (2013). Sains untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Herliani, R.R., dkk. (2003). Sains 4 untuk Sekolah Dasar Kelas 4. Jakarta: PT Grasindo.
Kholiq, I. (2015). Pemanfaatan Energi Alternatif sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Subtitusi BBM. Jurnal IPTEK, 19(2), 75–91.
Krissandi, A. D. S. (2017). Merancang Buku Cerita Bergambar. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Limiansih, K., & Fauziana, U. A. (2020). The development of the pictorial stories about solar panels for elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012036
Hugerat, M., et al. (2011). Teaching Children to Value Solar Energy. US-China Education Review, A6, 804–818.
Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: CV Pustaka Setia.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Setiawati, dkk. (2013). Pembuatan Buku Cerita IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 129–135.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Research & Development (R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi, dkk. (2015). Energi Terbarukan Konsep Dasar Menuju Kemandirian Energi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sukmadewi, P.U. dan Ganing, N. . (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam terhadap Keterampilan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 309–318.
Sumiati, R., & Zamri, A. (2013). Rancang Bangun Miniatur Turbin Angin Pembangkit Listrik Untuk Media Pembelajaran. Jurnal Teknik Mesin, 3(2), 1–8. https://ejournal.itp.ac.id/index.php/tmesin/article/view/127
Khine, M.S. dan Areepattamanni, S (editor). (2019). STEAM Education: Theory and Practice. Switzerland: Springer.
Widodo, W. dkk. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.
Wigianto, W. (2016). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. SERUPA - Jurnal Pend. Seni Rupa, 5(3). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/serupa/article/view/1893
Article Metrics
Abstract view(s): 825 time(s)PDF: 561 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.