ANALISIS SOAL HOTS PADA BUKU SISWA TOKOH PENJELAJAH ANGKASA LUAR

Wasifatun Najiroh(1*), Muhammad Agung Rokhimawan(2)

(1) 
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to describe the evaluation questions, find out the form of the questions and show HOTS questions in the Thematic book with indicators analyzing (C4), evaluating (C5) and creating (C6) the questions in the thematic books. This study includes a qualitative approach with the subject of evaluation questions on the Thematic student book subtheme character explorer space. Content content analysis is an analysis technique used in research. The results of the analysis of HOTS questions on the book class VI students of the space explorer sub-theme that there are 120 items with 63 items are questions with the cognitive realm of higher order thinking or Higher Order Thinking Skills (HOTS). 57 items are questions with the cognitive realm of low thinking or Lower Order Thinking Skills (LOTS).

Keywords

HOTS; Outer Space; Student Book

Full Text:

PDF

References

Halimah, A. Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal AULADUNA, Vol.1 No.2, hlm.190-200.

Hasrawati. Perangkat Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal AULADUNA: Pendidikan Dasar Islam, Vol.3 No.1, hlm.37-49.

Hasyim, M., & Kusuma, F. 2019. Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol.5 No.1, hlm.55-64.

Khaldun, H & Utami, L. 2019. Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Jurnal of Science Indonesia), Vol.7 No.2, hlm.132-142

Kurniati, D, Harimukti, R, & Asiyah, N. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol.20 No.2, hlm.142-155.

Ningsih, S., & Yusrizal. 2018. Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Master Bahasa, Vol.6 No.2, hlm.195-202.

Rahmadani, R., Ahda, Y., & Rahmawati. 2018. Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Jurna Biodik, Vol.4 No.1, hlm.8-17.

Rochmah, N., & Widi, A. 2015. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia, Vol.11 No.1, hlm.27-39.

Rochman & Hartoyo, Z. 2018. Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Jurnal SPEJ (Science and Physics Education Jurnal), Vol.1 No.2, hlm.78-88.

Rofiah, E., Aminah, N.S., & Ekawati. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.1 No.2, hlm.17-22.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Globalisasi: Penguatan Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Setiawati, S. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol.2, hlm.552-227.

Sri, E., Khaldun Ibnu., & Sulastri. 2017. Analisis Soal-Soal Ujian Materi Stoikiometri SMA Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Indonesia), Vol.5 No.2, hlm. 73-79.

Sulistya E, Yusuf A. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, Vol.24 No.5, hlm. 414-423.

Suyatmini. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol.27 No.1, hlm.60-68.

Wahidmurni. 2018. Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Workshop Pengembangan Penilaian Kurikulum 13 Bagi Guru-Guru Madrasah Aliyah Negeri Batu Tanggal 13 Juli 2018.

Wantoro, J, dkk. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Bebasis HOTS. Jurnal Profesi Pendidikan. Vol.6 No.1, hlm.11-20.

Widodo, T. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol.32 No.1, hlm.61-171.

Wirandani, T. 2019. Analisis Butir Soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK An-Nahl. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.2 No.4, hlm.485-494.

Article Metrics

Abstract view(s): 2160 time(s)
PDF: 1504 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.