EVALUASI FUNGSI TAMAN KAMPUS EDU PARK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA SEBAGAI OPEN SPACE KAMPUS
Noor Kholid Ismail(1*), Samsudin Raidi(2)(1) Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Sukoharjo 57102 Telp 0271 -717417
(2) Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Sukoharjo 57102 Telp 0271 -717417
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena disfungsi taman kampus Edu Park
UMS sebagai open space kampus yang fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil evaluasi fungsi taman kampus Edu Park Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan aktivitas pengguna taman
dan metode jajak pendapat dengan melalui penyebaran kuesioner untuk 40 responden.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pemetaan,
dokumentasi, dan diskripsi. Berdasarkan data pengamatan dan kuesioner terhadap aktivitas pengunjung yang ada, fungsi taman Edu Park sebagai open space sudah dimanfaatkan secara maksimal. Hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden adalah layak dengan prosentase 35% aktivitas olahraga, 12,5 % aktivitas jalan-jalan dan bermain, 32,5% kegiatan foto-foto, 2,5% kegiatan piknik dan 5% aktivitas bersepeda. Berdasarkan data kuesioner terhadap elemen pendukung aktivitas yang terdapat pada open space tersebut, menunjukan bahwa taman Edu Park Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah digunakan secara maksimal, dibuktikan dengan hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden bahwa prosentasi yang diperoleh adalah 40% untuk kategori sangat layak, 55% untuk kategori layak dan 5% untuk kategori tidak layak.
UMS sebagai open space kampus yang fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil evaluasi fungsi taman kampus Edu Park Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan aktivitas pengguna taman
dan metode jajak pendapat dengan melalui penyebaran kuesioner untuk 40 responden.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pemetaan,
dokumentasi, dan diskripsi. Berdasarkan data pengamatan dan kuesioner terhadap aktivitas pengunjung yang ada, fungsi taman Edu Park sebagai open space sudah dimanfaatkan secara maksimal. Hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden adalah layak dengan prosentase 35% aktivitas olahraga, 12,5 % aktivitas jalan-jalan dan bermain, 32,5% kegiatan foto-foto, 2,5% kegiatan piknik dan 5% aktivitas bersepeda. Berdasarkan data kuesioner terhadap elemen pendukung aktivitas yang terdapat pada open space tersebut, menunjukan bahwa taman Edu Park Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah digunakan secara maksimal, dibuktikan dengan hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden bahwa prosentasi yang diperoleh adalah 40% untuk kategori sangat layak, 55% untuk kategori layak dan 5% untuk kategori tidak layak.
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama, 2007. Al Quran.
Arifin, Hadi S, 2006, Taman Instan, Penebar Swadaya, Jakarta.
Asih, Dwi dan Tri, Nugroho, 2005, Laporan Penelitian Evaluasi Fungsi Taman Air Kalianyar Tirtonadi Sebagai Open Space Kota Yang Fungsional, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Carr, Stephen, 1992, Publick Space, Cambridge University Press, Cambridge
Darmawan, Edy, 2005, Analisa Ruang Publik Arsitektur Kota, Univesitas Diponegoro, Semarang.
Djamal, Irwan, 2005, Tantangan Lingkungan &Lanskap Hutan Kota,Bumi Aksara, Jakarta.
Spreiregen, Pal D, 1965, The Architecture of Town Cities, American Institute of America, New York.
Google Earth tahun 2014.
http://www.soloraja.com, tahun 2014
Article Metrics
Abstract view(s): 1571 time(s)PDF: 1157 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.