IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH RAMAH ANAK PADA MATA PELAJARAN IPS TERINTEGRASI NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN

Anna Triayudha(1*), Eni Fariyatul Fahyuni(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Belakangan ini banyak sekolah mengikrarkan sebagai Sekolah Ramah Anak,yang di implementasi dalam 8 Standar Nasional Pendidikan. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah tentang: bagaimana pelaksanaan kurikulum Sekolah Ramah Anak pada mata pelajaran IPS  teringrasi nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan, bagaimana kendala yang ditemui dalam mengintegrasikan IPS dalam nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Metode penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Peneliti langsung terjun langsung ke lapangan, mendiskripsikan realita yang ada dan melakukan pendekatan terhadap sumber informan .Melalui standar proses mata pelajaran IPS secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menentang, memotivasi peserta didik untuk berperan aktif sekaligus diintegrasikan pada nilai Al Islam dan Kemuhammadiayah misal dengan mengkaitkan materi IPS yang sesuai dengan ayat Al Qur’an, menumbuhkan rasa syukur, memberikan teladan yang Islami dan berkepribadian Muhammadiayah. Kendala yang ditemui masih banyak guru belum mengintegrasikan nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan karena kurangnya pengetahuan agamanya.

Keywords

Sekolah Ramah Anak,IlmuPengetahuanSosial, nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References

D. T. K. A. K. P. P. D. P. Anak, Panduan Sekolah Ramah Anak. 2015.

A. Yulianto, “Pendidikan Ramah Anak:Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta,” pp. 3–4, 2016.

Hariyanto, Desain Pembelajaran yang demokratis dan humanis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

A. M. Iqbal, Pemikiran Pendidikan Islam, Pertama. Yogyakarta, 2015.

A. R. A. G. S. Riadi, Pendidikan Holistik Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan, Pertama. Jakarta: UHAMKA PRESS, 2012.

D. Ary, An Invitation to Research In Sosial Education. Baverly Hills: Sage Publication, 2002.

J. Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

I. H. Firdaus, “Integritas Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Miftahul Huda Turen Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.

A. P. Tri Saswandi, “Analisis Penerapan Nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Perkuliahan,” vol. 5, pp. 27–34, 2019.

D. M. Ali, Paradigma Pendidikan Berkemajuan, Pertama. Yogakarta: Suara Muhammadiyah, 2017.

P. P. Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, XII. Jakarta: Surara Muhammadiyah, 2018.

M. Nasekun, “Integrasi Nilai-nilai Agama Islam dalam pembelajaran IPS/Sejarah dikelas VIII MTs Ma’arif wadas kandangan Temanggung tahun ajaran 2014/2015,” IAIN Salatiga, 2015.

D. H. Hanadhy, Terjemahan Al Qur,an secara Lafzhiyah Penuntun bagi yang belajar. Jakarta: IAIN Jakarta, 1980.

M. H. bin Musa, “Tafsir ringkas Kemenag RI.” .

Article Metrics

Abstract view(s): 768 time(s)
PDF: 249 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.