JALAN TERJAL MERIT SYSTEM DI MUHAMMADIYAH: Studi Kasus SD Muhammadiyah 14 Surakarta

Rio Estetika(1*), Mohamad Ali(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Merit system di lembaga pendidikan menjadi salah satu langkah menuntaskan problem
kepastian karir bagi guru. Merit system diterjemahkan sebagai pembayaran imbalan
(reward) yang dikaitkan dengan jasa atau kinerja seseorang atau manfaat yang telah
diberikan karyawan kepada organisasi. Dalam rangka memahami penerapan merit system
di lembaga pendidikan, maka dilakukan penelitian di SD Muhammadiyah 14 Surakarta.
Penelitian dilakukan dengan wawancara pemangku kepentingan dan observasi. Merit
system di SD Muhammadiyah 14 Surakarta dalam menjamin karir guru adalah dengan
memberikan apresiasi kinerja dan pengembangan kompetensi. Kemudian, hambatan
terbesar implementasi merit syatem antara lain: (1) adanya perasaan tidak adil yang
diterima oleh beberapa guru; (2) masih terdapat guru yang kerjanya belum maksimal: (3)
nepotisme dalam jabatan; dan (4) ketidakseimbangan pendelegasian tugas kepada guru.

Keywords

merit system, karir guru, SD Muhammadiyah 14 Surakarta

Full Text:

PDF

References

Ali, Mohamad. 2010. Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah. Jakarta: Al-Wasath Publishing House.

--------------------. 2012. Menyemai Sekolah Bertaraf Internasional. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah

Daryanto. 2001. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mubhar, Muhammad Zulkarnaen. “Guru Sebagai Jabatan Karir dan Profesi Perspektif Pendidikan Islam”. Al-Qalam Volume 8 Nomor 2, 2016.

Purwanto, Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soeratman. 1978. Permasalahan Tentang Kesejahteraan Pendidikan . Jakarta: FIP.

Saomah, A.“Pengembangan Karir Guru dan Konselor” (Online) http://file.upi.edu/, diakses 10 November 2019.

Wungu, Jiwo. 2003. Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda dengan Merit Sistem. Jakarta: PT. Grafindo Persada Utama.

Article Metrics

Abstract view(s): 208 time(s)
PDF: 131 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.