IMPLEMENTASI BUDAYA SHALEH SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KRIAN

Suliyah Suliyah(1*), Istiqomah Istiqomah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembentukan karakter siswa diawali dengan budaya shaleh (membaca Al Qur’an,  sholat Dhuha dan dzikir pagi) yang diciptakan dan dikembangkan di SMP Muhammadiyah 6 Krian sehingga menjadi budaya kuat dalam diri anak-anak. Pembentukan karakter shaleh yang diawali dengan pembiasaan dipagi hari sangat berdampak pada perilaku siswa. Metode yang dikembangkan dalam budaya sekolah sebagai pembentuk karakter siswa mendapatkan hasil pada perilaku siswa yang semakin hari bertambah baik. Budaya shaleh dipagi hari membawa dampak yang signifikan pada budaya jujur, displin, tanggung jawab, dan santun. Nilai budaya yang dikembangkan sebagi upaya perbaikan pendidikan sekolah agar terwujudnya pribadi yang berakhlak mulia, berprestasi dan berwawasan global. Dalam implementasinya budaya sekolah yang dikembangkan dan menjadi kebiasan-kebiasan karakter yang positif yang berpengaruh pada perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan merancang studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi peran serta, wawacara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian menyimpulkan bahwa budaya shaleh yang diawali dipagi hari sebelum pembelajaran merupakan dasar dari budaya jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun  menjadi budaya sekolah  yang dikembangkan dan menjadikan trade merk SMP Muhammadiyah 6 Krian.

 

Keywords

Implementasi, budaya shaleh, karkter siswa

Full Text:

PDF

References

Greer, Defining the School’s Culture, San Fransisco: Lossey-Bass., 1997.

M. Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional,, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Zubaedi, Desain Pendidikn karater Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.

T. Lickona, Character Matter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

M. Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

D. Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

L. J. Moleong, Metodologi Penenlitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

N. Ulfatin, Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya: Studi Kasus, Etnografi, Interaksi, simbolik, dan Tindakan pada Konteks Manajemen Pendidikan, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitin: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

D. M. d. J. Rakhmat, Komunikasi Antar Budaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

P. A. 1. (. C. R. 2. Koentjoroningrat, Pengantar Antropologi 1, Jakarta: Cipta Rieka, 2003.

F. E. Merril, Society and Culture an Introduction to Sociology, New Jersey: Prentice-Hall, inc, 1965.

Zaitun, Sosiologi Pendidikan: Analisis Komprehensif Aspek Pendidikan dan Proses Sosial, Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2015.

Zaitun, Sosiologi Pendidikan; Analisis Komprehensif Aspek Pendidikan dan Proses Sosial, Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2015.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2005.

M. N. Qosim, "Pedagofologi sebuah Kajian Fonologi dan Ilmu Pendidikan," in Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 APPPTMA, Pasca Sarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyah, Semarang, 2013.

K. D. a. T. E. D. Peterson, The Shapping School Culture Filebook, San Fransisco: Josses-Bass, 2009.

Wirawan, Budaya dan Iklim Organisasi: Teori Aplikasi dan Penelitian, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Arifin, Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Bekualitas, Gorontalo: Universitas Gorontalo, 2013.

A. d. C. T. Komariyah, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Kemenag, Al Qur'an, Jakarta: Kementrian Agama, 1965.

M. Zubaedy, "Konsep Pendidikan Anak Menurut l Qur'an Surat Lukman Ayat 13-19," Didaktika Jurnal Kependidikan, Vols. 12, No. 12 Desember 2018, no. ISSN; 1978-0214, pp. 135-150, 2018.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Media Group, 2012.

Majid, Pendidikan KArakter Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya, 2012.

Mishri, Ensiklopedi Akhlak Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, Jakarta: Pundi Aksara, 2011.

M. Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bandung, 2011.

H. Langgulung, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Filsafat dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka HUsna Baru, 2004.

Daryato, Pengelolahan Budaya Sekolah dan Iklim Sekolah, Yogyakarta: Gaya Media, 2015.

Zaitun, Sosiologi Pendidikan: Analisis Komprehensif Aspek Pendidikan dan Proses Sosial, Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2015.

Wirawan, Budaya dan Iklim Organisasi, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Article Metrics

Abstract view(s): 312 time(s)
PDF: 137 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.