MENUJU TEORISASI PENDIDIKAN BERKEMAJUAN

Mohamad Ali(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Muhammadiyah dinilai sebagai peletak dasar, sekaligus pelopor pendidikan modern religius di Indonesia. Secara kelembagaan, amal usaha pendidikan masing terus bertahan dan tumbuh di berbagai penjuru tanah air, mulai tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Corak kepeloporan satu abad lalu berupa eksperimentasi institusi pendidikan modern religius, sedangkan agenda mendesak pada abad ini ialah menyusun bangun teori pendidikan. Ada dua arah untuk menyusun bangun atau mengembangakan suatu teori, model teori aksiomatis/deduktif hipotetik dan model teori berpola yang bersifat jalin-menjalin. Penelitian/disertasi penulis bisa dipandang sebagai ikhtiar pengembangan teori dengan “model pola” atau “peta pemikiran”.

Keywords

Pengembangan teori, pendidikan berkemajuan, progresif religius

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Ali, Mohamad. 2017. Paradigma pendidikan berkemajuan. Yogyakarta: SM

------------------. 2015. “Ikhtiar mewujudkan sekolah berkemajuan”. Maarif Jamuin dkk. (Ed.). Internasionalisai pemikiran dan gerakan Muhammadiyah. Surakarta: Fairuz Media.

Barnadib, Imam. 1994. Filsafat pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Brameld, Theodore. 1955. Philosophies of education. New Yor: Holt, Rinehart, and Winston.

Johnson, Doyle Paul. 1988. Teori sosiologi klasik dan modern I. Jakarta: Gramedia.

Kuntowijoyo. 1994. Dinamika sejarah umat Islam. Yogyakarta: SP.

Kuntoro, Sodiq A. 2017. “Pengantar” dalam Mohamad Ali. 2017. Paradigma pendidikan berkemajuan. Yogyakarta: SM.

Ritzer, George. 2007. Sosiologi ilmu pengetahuan berpardigma ganda. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirjosukarto, Amir Hamzah. 1962. Pembaharuan pendidikan dan pengajaran Islam yang diselenggarakan oleh pergerakan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penyelenggara Publikasi Pembaharuan Pendidikan/Pengajaran Islam Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 3418 time(s)
PDF: 2170 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.