Pengembangan Profesionalisme Guru SMA, MA, dan SMK Muhammadiyah Sukoharjo Jawa Tengah
Bambang Sumardjoko(1*), Agus Prasetyo(2)(1) universitas muhammadiyah surakarta
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan utama penelitian adalah menemukan model pengembangan profesi guru berkelanjutan berbasis konstruktivis kolaboratif untuk meningkatkan soft skills-transferable skills dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) tahun, yakni tahun pertama studi pendahuluan dan tahun kedua, pengembangan model. Tujuan penelitian tahun I adalah (1) melakukan pemetaan model pengembangan keprofesian guru berkelanjutan yang tengah berlangsung, (2) melakukan pemetaan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, (3) melakukan analisis bentuk-bentuk kebutuhan guru pada pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan (4) merumuskan draft model pengembangan profesi guru berkelanjutan. Desain penelitian menerapkan penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, FGD, dan angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, guru-guru SMA/MA/SMK Muhammadiyah di Sukoharjo yang bersertifikasi pendidik selama ini telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mengembangkan kompetensinya, baik secara mandiri dengan mengikuti workshop, seminar, membeli buku teks pelajaran terbaru, mengikuti kegiatan MGMP maupun bersama-sama dengan cara berdiskusi sesama rekan guru bidang studi. Kedua, dalam kemampuan menulis karya ilmiah, guru-guru bersertifikasi pendidik belum sepenuhnya memiliki pemahaman konsep karya ilmiah. Pengalaman guru membuat karya ilmiah sebagian besar diperoleh pada saat Pendidikan Latihan Profesi Guru. Pemahaman guru mengenai konsep karya ilmiah terkendala pada sistematika baku penelitian. Ketiga, untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keprofesian guru berkelanjutan masih menemui kendala, seperti kendala waktu, dana, usia, sarana prasarana, motivasi, kebijakan pimpinan, dan akses jaringan internet. Hal yang dibutuhkan adalah adanya langkah kongkrit dari pemangku kebijakan untuk menyederhanakan segala hal terkait aktivitas administratif pembelajaran, dukungan dana atau inisiatif majlis dikdasmen dan pihak sponsor lain, dukungan akses jaringan internet, dan dukungan dari lembaga perguruan tinggi. Keempat, desain awal model pengembangan keprofesian guru berkelanjutan berbasis konstruktivis-kolaboratif untuk meningkatkan soft skills–transferable skills guru dalam penulisan artikel ilmiah bersifat terpadu. Model didasarkan pada kebutuhan guru dalam menyusun artikel ilmiah dan dikembangkan secara konstruktif oleh guru sendiri, sementara tim eksternal memberikan penguatan dan pendampingan dalam penyusunan artikel ilmiah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayhan, S.C. 2011. “Why Turkish Student Prefer to Attentin Vocational Schools.” Istambul Turkey. http://www.europeanjounalofscientificrescarch.com.
Barkley, F Elizabeth. 2007. Collaborative Learning Techniques. Jossey-Bass. A Wiley Imprint.
Charlotte Hua Liu and Robert Matthews. 2005. ‘Vygotsky’s philosophy: Constructivism and its criticisms examined’. International Education Journal. 6 (3): 386-399.
Gordon, Howard R. D. & Richard Yocke. 1999. “Relationship Between Personality Characteristics and Observable Teaching Effectiveness of Selected Beginning Career and Technical Education Teachers”. DLA Ejournal Home. Volume 16, Number 1. Marshall University.
Kemendikbud, 2012. Tentang Kebijakan Pengembangan Profesi Guru
Myers, I. B., & McCaulley, M.H. 1985. Manual: A Guide to the Development and Use of the Myers-Briggs Type Indicator. Palo Alto, CA: Consulting Psychologists Press.
Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru; Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Sahlberg. 2007. Secondary education in OECD countries. Brasilia. Brazil. www.european training foundation.co
Sumardjoko, B. 2013. “Model Penguatan Guru Bersertifikasi melalui Pemaknaan Profesionalisme pada Guru-guru SMA Negeri di Sukoharjo Jawa Tengah”. Laporan Penelitian. Surakarta: LPPM UMS.
Yunanto, Eris. 2007. “Evaluasi Program bimbingan teknis Penulisan karya Ilmiah Pengembangan Profesi Guru Sekolah Menengah di Propinsi Jawa Tengah”. Tesis. Semarang: Unnes.
Article Metrics
Abstract view(s): 1071 time(s)PDF: 1822 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.