Dampak Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Posing dan Problem Based Learning di SMP
S, Sutama(1*), Dinar Noviyanti(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian, menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari strategi
problem posing dan problem based learning. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain
quasi-experimental. Populasi penelitian 9 kelas dan sampelnya 2 kelas diambil secara
cluster random sampling dengan cara undian. Data dikumpulkan dengan dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data secara keseluruhan dengan analisis variansi dua jalan sel
tak sama, dengan uji prasyarat terpenuhi semua. Hasil penelitian ada perbedaan hasil
belajar matematika ditinjau dari penggunaan strategi problem posing dan problem
based learning (= 5%). Strategi problem posing berdampak lebih baik dari pada strategi problem based learning terhadap hasil belajar matematika. Penerapan strategi pembelajaran berdampak pada hasil belajar matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. I., Rohani, A. T., & Rosini, A. (2010) The Effects Of Problem Based Learning on
Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four
Secondary Level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 370-376.
Bektiarso, S. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Laks Bang PRESS indo Yogyakarta.
English, M. C. & Anastasia, K. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in
Problem and Project Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based
Learning, 7(2), 128-150.
Guvercin, S. & Viktor, V. (2014). The Effect of Problem Posing Taks Used in Mathematics
Instruction to Mathematics Academic Achievement and Attitudes Toward Mathematics.
International Online Journal of Primary Education (IOJPE), 3(2), 59-65.
Kadir. (2011). Implementasi Pendekatan Pembelajarn Problem Posing dan Pengaruhnya
Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 203213.
Kemendikbud. (2017). IIUN dan Rerata Hasil UN. Diakses pada 21 September 2017, dari
https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mudrikah, A. (2016). Problem-Based Learning Associated by Action-Process-Object-Schema (APOS) Theory to Enhance Students’ High Order Mathematical Thinking Ability.
International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 125-135.
Nurjaman, A. & Indah, P. S. (2017). The Effect of Problem Posing Approach Toward Students’
Mathematical Disposition, Critical, dan Creative Thinking Ability Based on School
Level. International Journal of Mathematics Education, 6(1), 69-76.
OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Diakses pada 1 Oktober 2017, dari https://www.
oecd.org/pisa/.
Padmavathy, R. D. & Mareesh. K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In
Mathematics. International Multidiciplinary e-Journal, 2(1), 45-50.
Paloloang, M. F. B (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan
Dua Lingkaran di Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan
Matematika Tadulako, 2(1), 67-77.
Rokhmawati, J. D., Ery, T. D., & Wardana, L. (2016). Impelementation of Problem Based
Learning Model to Improve Student’s Problem Solving Skill and Self-Efficacy (A Study
on IX Class Students of SMP Muhammadiyah. IOSR Journal of Research & Method in
Education (IOSR-JRME), 6(3), 51-55.
Rosli, R., Mary, M. C., & Robert, M. C. (2014). The Effects of Problem Posing on Student
Mathematical Learning: A Meta-Analysis. International Education Studies, 7(13), 227241.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Sintawati, M. (2015). Keefektifan Problem Based Learning dan Problem Posing dalam
Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
UNY, Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, November 14, 2015.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura:
Fairuz Media.
Uno, H.B. & Masri, K.U. (2010). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Sebuah
Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuya, H. E. (2017). The Benefits of Problem Posing in the Learning of Mathematics: a
Systematic Review. International Journal of Advanced Research (IJAR), 5(3), 853-860.
Article Metrics
Abstract view(s): 832 time(s)PDF: 546 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.