Pendampingan Literasi Digital Kampung KB RW 2 Kelurahan Gedawang Banyumanik Kota Semarang

Made Dwi Adnjani(1*), Dian Marhaeni Kurdaningsih(2), Urip Mulyadi(3)

(1) Universitas Islam Sultan Agung
(2) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(3) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract

Terdapat tiga kategori khalayak yang rentan terhadap pengaruh buruk internet, yakni anak-anak, remaja, dan kaum ibu. Pada anak-anak, pengaruh itu terutama terletak pada perkembangan otak, emosi, sosial, dan kemapuan kognitif. Intensitas akan memengaruhi persepsi dengan apa yang mereka tonton. Salah satu upaya menanggulangi dampak buruk tersebut adalah dengan literasi digital. Berdasarkan informasi yang diperoleh, di Kelurahan Gedawang tepatnya wilayah RW 2 sebagai Kampung KB belum mendapatkan informasi tentang literasi digital, sehingga kegiatan ini perlu dilakukan. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Secara umum kegiatan ini membangkitkan kesadaran betapa pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak-anak dalam pemanfaatan media digital. Disinilah para orang tua perlu memahami nilai utama dunia digital yang menyetir kehidupan kita saat ini. Ada tiga nilai penting: kreativitas, kolaborasi, dan berpikir kritis. Para peserta melalui kegiatan ini selain pengetahuannya akan semakin meningkat juga semakin menyadari perlunya memahami etika informasi yang baik. Luaran dari kegiatan pengabdian ini selain dokumentasi kegiatan, juga publikasi di media cetak dan online, diantaranya di koran wawasan, suarabaru.id, rri.co.id. Di samping itu juga pembuatan artikel ilmiah yang dimuat di jurnal pengabdian masyarakat.

Keywords

Literasi, Digital, Kampung KB

References

Acep S, dkk. (2018). Kerangka Literasi Digital Indonesia. Literasidigital.id.

Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial bagi Anak dan Remaja.

Herlina, D., Setiawan, B. G. J. A., & Adikara, G. J. (2018). Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Bantul: Samudra Biru.

Hughes Jr, R., & Hans, J. (2004). Understanding The Effects of The Internet on Family Life. London: Sage.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra yang Dilakukan oleh JAPELIDI. Informasi, 47(2), 149-166.

Lievrouw, L. A., & Livingstone, S. (Eds.). (2002). Handbook of New Media: Social Shaping and Consequences of ICTs. London: Sage.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16 (1).

Potter, W. James.(2004). Theory of Media Literacy: A Cognitive Approach. London: Sage Publication.

Fatwa MUI No 24 tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial.

https://makassar.tribunnews.com/2019/12/16/minta-pemerintah-dan-dpr-ri-bahas-ruuperlindungan- data-pribadi-ini-upaya-masyarakat-sipil?page=all

https://techno.okezone.com/read/2018/09/17/56/1951473/riset-ungkap-ibu-ibu-semakin-gencarbermain- internet

Article Metrics

Abstract view(s): 835 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 641 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.