Literasi Berpikir Kreatif dan Pengenalan Program Santripreneur di Pesantren Miftahul Jannah

Gatot Iwan Kurniawan(1*), Dani Dagustani(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan suatu metode pembelajaran yang baru pola pengajaran yang berbeda di Pesantren Miftahul Jannah. Sistem pembelajaran yang kaku, monoton, dan satu arah merupakan salah satu penyebab pembelajaran kurang mendorong anak untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Materi berupa program menarik yang memadukan antara teori dan permainan dengan maksud untuk membuka wawasan dan mengarahkan anak agar mampu berpikir kreatif. Selain itu, pengenalan program kewirausahaan akan memperkuat bagaimana praktik dari suatu ide kreatif dapat memberikan suatu ide-ide menarik dalam penciptaan atau pengembangan produk usaha. Pengukuran tingkat keberhasilan pelatihan menggunakan model empat tingkat untuk mengevaluasi pelatihan yang terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pelatihan berhasil berdasarkan isian indikator dari peserta. Perhitungan pre-rest dan post-test, menunjukkan peningkatan pengetahuan secara signifikan sebesar 62% dari total peserta, 26% menunjukkan peningkatan tapi tidak signifikan, sisanya sebesar 12% menunjukkan tidak ada peningkatan dan tidak ada yang mengalami penurunan. Berdasarkan pengamatan dalam waktu satu minggu para santri sudah mulai mencoba menerapkan pola berpikir kreatif ketika mereka malakukan proses pembelajaran oleh para pengajar di lingkungan pesantren. Selain itu hasil evaluasi oleh tim melalui diskusi memperlihatkan adanya perubahan cara mereka menganalisis suatu permasalahan dan mengintepretasikannya dengan berbagai cara yang berbeda.

Keywords

Pelatihan, Ide Kreatif, Kewirausahaan

References

Black, C., Freeman, C., & Stumpo, G. (2015). Conceptual Model and Strategies for Creative Thinking in Apparel Design. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.1080/17543266.2015.1018958

Craft, A. (2003). Creative Thinking in the Early Years of Education. Early Years, 23(2), 143–154. https://doi.org/10.1080/09575140303105

Cropley, A. J. (2000). Defining and Measuring Creativity: Are Creativity Tests Wusing? Roeper Review, 23(2), 72–79. https://doi.org/10.1080/02783190009554069

Estrada, C. A., Isen, A. M., & Young, M. J. (1994). Positive Affect Improves Creative Problem Solving and Influences Reported Source of Practice Satisfaction in Physicians. Motivation and Emotion, 18(4), 285–299. https://doi.org/10.1007/BF02856470

Fernández-Abascal, E. G., & Díaz, M. D. M. (2013). Affective Induction and Creative Thinking. Creativity Research Journal, 25(2), 213–221. https://doi.org/10.1080/10400419.2013.783759

Heilbrunn, S. (2010). Advancing Entrepreneurship in An Elementary School: A Case Study. International Education Studies, 3(2), p174. https://doi.org/10.5539/ies.v3n2p174

Hong, E., & Milgram, R. M. (2010). Creative Thinking Ability: Domain Generality and Specificity. Creativity Research Journal, 22(3), 272–287. https://doi.org/10.1080/10400419.2010.503535

Kirkpatrick, D. (1996). Great Ideas Revisited. Techniques for Evaluating Training Programs. Revisiting Kirkpatrick’s Four-Level Model. Training and Development, 50(1), 54–59.

Lyubomirsky, S., King, L., & Diener, E. (2005). The Benefits of Frequent Positive Affect: Does Happiness Lead to Success? Psychological Bulletin, 131(6), 803–855. https://doi.org/10.1037/0033-2909.131.6.803

Plucker, J., & Zabelina, D. (2009). Creativity and Interdisciplinarity: One Creativity or Many Creativities? ZDM, 41(1–2), 5–11. https://doi.org/10.1007/s11858-008-0155-3

Sani, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Article Metrics

Abstract view(s): 763 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 539 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.