PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBINAAN OLIMPIADE SAINS (OSN)
TRI WIYOKO(1*), Megawati Megawati(2), Aprizan Aprizan(3), Nurlev Avana(4)(1) STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
(2) STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
(3) STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
(4) STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas harus dilakukan sejak dini. Adanya kegiatan OSN IPA akan memberikan gambaran atau pemataan kemampuan siswa di sekolah. Adapun tujuan pembinaan OSN IPA antara lain 1) Meningkatkan pengetahuan siswa SD dalam bidang sains, 2) Meningkatkan keterampilan siswa SD dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade sains, 3) Meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade sains. Pembinaan dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pengumpulan dan mereduksi soal OSN tahun sebelumnya. Tahap pelaksanaan meliputi proses pembinaan dengan menerapkan proses pembelajaran melalui diskusi, tanya jawab, Focus Group Discussion (FGD). Tahap Evaluasi dilakukan dengan memberikan soal OSN untuk mengevaluasi kemampuan siswa. Hasil pembinaan Olimpiade Sains (OSN) di SD Negeri 102/Sei.Kerjan memberikan pengaruh yang baik untuk persiapan OSN siswa di tahun 2019. Selama proses pembinaan siswa aktif, antusias dan semangat. Hasil yang diperoleh selama pembinaan yaitu siswa yang pengetahuannya bertambah secara signifikan sebesar 40% atau 4 orang, siswa yang memiliki kemampuan keterampilan menyelesaikan soal-soal sebesar 30% atau 3 orang dan kemampuan menganalisis soal sebesar 20% atau 2 orang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustini, Fitria dan Sopandi, Wahyu Peningkatan Kemampuan Bertanya Dan Penguasaan Konsep IPAMelalui Pendekatan Question Formulation Technique (QFT). Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 17, No 1 Tahun 2017 Hal 35-44
Agusni Hendika Prasetyo, Abdurrahman & Wahyudi, Ismu. 2017. Pengaruh Skill Argumentasi Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 5, No 4 Tahun 2017 hal 97-104
Alatas , Fathiah. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. EDUSAINS. Vol VI No 1 Tahun 2014 hal 88-96.
Evi Fussalam, Yahfenel dan Elmiati. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 3 No. 1 Tahun 2018 hal 45-55
Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2 Desember 2010 hal 19-33.
Hidayat, Puput Wahyu dan Abdulah 2018. Pengaruh Pendekatan Ctl Dengan Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 3 No. 1 Tahun 2018 hal 78-91
http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/20445f5c-0c26-e111-bbd2-752b4f713f23
Junaidi. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di SMA Negeri 1 Sakti. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jabal Ghafur Sigli. Volume 4. Nomor 1. April 2017 hal 14-25
Kemendikbud. 2018. Petunjuk Teknis Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kurniawati, Maris. 2014. Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Vol 4 No 1 Januari 2014 hal 446-455.
National Education Association. (n.d.). Preparing 21stCentury Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.” www.nea.org diakses 26 September 2019
Murraya, E. C. (2011). Implementing Higher-Order Thinking in Middle School Mathematics Classrooms. Disertasi. Georgia: University of Georgia.
OECD. 2018. PISA 2015 Result and Focus.
OECD-PISA. 2004. Learning for Tomorrow’s World. USA: OECD-PISA.
Pertiwi, Utami Dian., Dwik Atanti, Rina & Ismawati,R. Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Volume 01, Nomor 01, 2018 hal 24-29
Redhana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, Tahun 2019 hal 2239-2253
Siregar, Syafaruddin. 2018. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Melalui Focus Group Discussion (FGD) DI SMK Negeri 1 Sirandorung Tahun Pelajaran 2017/2018. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial) Vol 5 Oktober 2018 hal 14-19.
Susan, Dewi Vita & Suyato. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangmojo. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan dan Hukum. Vol 6 No 4 Tahun 2017 Hal 512-521.
Susanti, Tri, Pujiastusi, Emi & Suparsih, Harni. 2018. Optimalisasi Kemampuan Berpikir Logis Dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas. PRISMA I (Prosiding Seminar Nasional Matematika) Tahun 2018 hal 800-804.
Utomo, Agung Aditya, Ali Imron, & Syaiful M. 2017. Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 Tahun 2017 Hal 1-12
Winarti, 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswa Dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015 hal 19-24
Article Metrics
Abstract view(s): 3934 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 2325 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.