Upaya Mereduksi Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Melalui Penggunaan Sistem Informasi Geografis
Ari Fadli(1*), Gito Sugiyanto(2), Mulki Indana Zulfa(3)(1) Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Teknik Sipil, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Faya, M., & Noviyanto, F. (2013). Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Pembangunan Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web (Studi kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta). Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 164.
Kurniawan, Y. I. (2016). Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Tengah. Warta LPM, 149-155.
Muslim, N., & Sunyoto, A. (2012). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Potensi Panas Bumi Di Indonesia Menggunakan Google Maps. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 13(2), 60.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas.
Polres Purbalingga. (2015). Data Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Purbalingga Tahun 2010-2015. Unpublished. Purbalingga: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Purbalingga.
Prahasta, E. (2001). Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika Bandung.
Prahasta, E. (2014). Sistem informasi geografis konsep-konsep dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Informatika. Bandung.
Puslitbang Kemenhub. (2013). Diskusi Litbang: Keselamatan Jalan menjadi Tanggung Jawab Bersama. Pusat Komunikasi Publik Litbang Kemenhub (online) (http://www.dephub.go.id/read/ berita/57027, diakses 4 Maret 2013).
Pusat Litbang Prasarana Transportasi. (2005). Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas: Pd.T- 09-2004-B. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.
Sugiyanto, G., dkk. (2012). Strategi Peningkatan Keselamatan Transportasi Darat melalui Audit Keselamatan Jalan (Road Safety Audit) dan Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) (Studi kasus di Ruas Jalan Wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Hibah Penelitian Kerjasama Antar Lembaga dan Perguruan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2012.
Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2017). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 19(2), 128-135. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i2.10768
Sugiyanto, G., Fadli, A., & Santi, M. Y. (2017). Identification of black spot and equivalent accident number using Upper Control Limit method. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences 12(2), 528- 535. http://www.arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_ 0117_5650.pdf.
Sugiyanto, G. (2017). The cost of traffic accident and equivalent accident number in developing countries (case study in Indonesia). ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 389-397. http://www.arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_0117_5631.pdf.
Sugiyanto, G. & Santi, M.Y. (2017). Road traffic accident cost using human capital method (Case study in Purbalingga, Central Java, Indonesia). Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 79(2), 107- 116. https://doi.org/10.11113/jt.v79.5375.
Sugiyanto, G. & Malkhamah, S. (2018). Determining the maximum speed limit in urban road to increase traffic safety. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 80(5), 67-77. https://doi. org/10.11113/jt.v80.10489.
Turban, E. (2009). Decision Support System and Intelligent System. Penerbit Andi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Article Metrics
Abstract view(s): 1534 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 830 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.