Kajian Literatur: Peran Orang Tua yang Bekerja dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah

Monika Caterina(1*), Ria Setia Sari(2), Febi Ratna Sari(3),

(1) STIKes Yatsi Tangerang
(2) STIKES Yatsi Tangerang
(3) Stikes Yatsi Tangerang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.12035

Abstract

Abstrak: Usia prasekolah merupakan masa dimana anak mulai bersosialisasi, hal ini membutuhkan peran orang tua dalam membimbing, menyayangi, mengajarkan dan mengasuh anak. Orang tua yang bekerja memiliki waktu yang kurang dalam menjalankan perannya. Literatur ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana hubungan peran orang tua yang bekerja dengan perkembangan sosial anak usia sekolah. Metode yang digunakan yaitu penelusuran artikel penelitian ini melalui Google Scholar, ProQuest, EBSCO, dan Springer menggunakan kata kunci dan kriteria inklusi dalam jangka waktu artikel dari tahun 2015-2020. Hasilnya yaitu setelah penyaringan diapatkan 20 jurnal yang berhubungan dan hasil matriks sintesis dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu input, proses, dan output. Dalam literatur ini terdapat 5 penelitian tentang kelekatan orang tua, 13 penelitian tentang pola asuh dan 3 penelitian tentang status sosial ekonomi. Orang tua yang bekerja berperan dalam menjalin kelekatan, memberikan pengasuhan positif dan meningkatkan status sosial ekonomi untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Kata Kunci: Orang Tua Bekerja; Perkembangan Sosial Abstract: Preschool age is a time when the child starts socializing, it requires the role of parents in guiding, loving, teaching and parenting. Working parents have less time in their roles. The purpose of this literature is to know how the relation between the role of parents working with the social development of preschool. The method used the search for this research article through Google Scholar, ProQuest, EBSCO, and Springer uses keywords and inclusion criteria within the period of the article from 2015-2020. The result is there are 20 journals which related and results of matrix synthesis into 3 categories: input, process, and output. There are 5 studies on parent attachment, 13 studies on parenting and 3 studies on socioeconomic status. The role of working parents is building the attachment, providing good parenting and improving the socio-economic status to improve children’s social development. Keywords: Working Parents; Social Development

Keywords

orang tua bekerja; perkembangan sosial; working parents; social development

Full Text:

PDF

References

Hosokawa, R., & Katsura, T. (2018). Socioeconomic Status, Emotional/Behavioral Difficulties, and Social Competence among Preschool Children in Japan. Journal of Child and Family Studies, 27(12), 4001–4014. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1231-0

Jeon, S., & Neppl, T. K. (2019). Economic Pressure, Parent Positivity, Positive Parenting, and Child Social Competence. Journal of Child and Family Studies, 28(5), 1402–1412. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01372-1

Li, X., & Liu, Y. (2019). Parent-Grandparent Coparenting Relationship, Maternal Parenting Self-efficacy, and Young Children’s Social Competence in Chinese Urban Families. Journal of Child and Family Studies, 28(4), 1145–1153. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01346-3

Lombonaung, J. S., Sarimin, S., & Lariwu, C. (2015). Hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Kemampuan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di TK GMIM Philia Kalasey 2 Kabupaten Minahasa. Jurnal of Community and Emergency, 8.

Profil Anak Indonesia. (2018). Profil Anak Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengmbangan Kesehatan Kementrian RI.http://www.kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pd. diakeses pada tanggal 16 Januari 2020

Rohmalina, R., Lestari, R. H., & Alam, S. K. (2019). Analisis Keterlibatan Ayah dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4809

Sari, R. P. (2020). Motivasi Ibu Bekerja Dengan Tahap Perkembangan Keluarga Anak Usia Remaja Di Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan. 9(1), 12

Sari, S, R., & Afriani, F. (2019). Terapi Bermain Clay Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun). Jurnal Kesehatan. 8(1), 13

Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171

Article Metrics

Abstract view(s): 1187 time(s)
PDF: 913 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.