REPRESENTASI KONSEP KARAKTER PEMIMPIN DALAM LIRIK LAGU BUGIS BULU’ ALAUNA TEMPE CIPTAAN ABDULLAH ALAMUDIN

Muhsyanur Muhsyanur(1*), Sri Verlin(2)

(1) 
(2) Institut Agama Islam (IAI) As'adiyah, Sekang, Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan representasi konsep karakter pemimpin dalam lirik lagu Bugis Bulu’ Alauna Tempe Ciptaan Abdullah Alamudin. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari lirik lagu Bugis Bulu’ Alauna Tempe. Data penelitian berupa kata-kata, frase, atau ungkapan pernyataan yang terdapat dalam lirik. Pengumpulan data menggunakan teknik baca-simak dan pencatatan serta wawancara. Data-data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan pendekatan hermeneutika. Berdasarkan hasil penelitian, representasi konsep karakter pemimpin yang terdapat dalam lagu Bugis Bulu’ Alauna Tempe Ciptaan Abdullah Alamudin, ditemukan tiga konsep karakter pemimpin, yaitu pemimpin berwibawa tinggi, pemimpin mengayomi sepenuh hati, dan pemimpin sebagai pemegang amanah. Ketiga konsep karakter pemimpin tersebut merupakan kunci sukses dalam menjalankan kepemimpinan.

 

References

Azzahra, Anindiya & Afriansyah, Hade. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Dallin, R. (1994). Approaches to Communication through Music. London: David Foulton Publisher.

Echols, John M. & Shadily, Hassan. (1995). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fatonah, Isti. (2013). Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah, 10(2), 109 – 125.

Haryadi, T. (2015). Peran Sastra Daerah di Nusantara sebagai Wujud Pemertahanan Kebinekaan. Prosiding. Disampaikan dalam Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra II pada tanggal 30-31 Oktober 2015.

Indrastoeti SP, Jenny. (2016). Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Disampaikan dalam Seminar Nasional Inovasi Pendidikan pada 6 Agustus 2016.

Locke, Edwin A dkk. (1991). The Essence of Leadership, The Four Keys to Leading Successfully. New York: Lexington Books.

Muhsyanur. (2015). Nyanyian Rakyat Klasik Bugis di Sulawesi Selatan. Proposal Penelitian Disertasi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

_________. (2018). Representasi Budaya dalam Nyanyian Rakyat Bugis: Kajian Etnopuitika. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ratna, Nyoman Kutha. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ryan, Kevin & Bohlin. Karen E. (1999). Building Character in School: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120 - 143.

Soliha, Euis & Hersugondo. (2008). Kepemimpinan yang Efektif dan Perubahan Organisasi. Fokus Ekonomi, 7(2), 83- 93.

Sudirman dkk. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 668 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 326 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.