POLA PENALARAN PENGGALAN TEKS MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DALAM BUKU SISWA KELAS VII KURIKULUM 2013

Liza Tri Handayani

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v1i1.2478

Abstract

Proses menalar banyak digunakan dalam proses pembelajaran, karena dalam setiap proses belajar mengajar, siswa dan guru sama-sama berpikir dalam
menentukan kebenaran. Bahkan, keduanya terdapat interaksi untuk saling bertukar pikiran. Melalui proses penalaran siswa menjadi paham mengenai suatu
kebenaran. Namun, tidak jarang siswa tidak paham terhadap proses mencapai kebenaran itu sendiri, bahkan siswa tidak memahami adanya logika dalam suatu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan saat siswa mengikuti tes potensi akademik (TPA) maupun tes IQ yang seringkali menggunakan kemampuan logika penalaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola penalaran penggalan teks
materi ajar bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas VII kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksplanatif. Data penelitian adalah materi ajar berupa penggalan teks materi ajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data mengalir model Miles dan Huberman. Hasil penelitian
ini menunjukkan pola penalaran sesuai dengan tahap pendekatan saintifik. Pola penalaran yang terwujud yaitu proses menalar deduktif, analogi induktif,
analogi deduktif, proses hubungan antar fenomena sebab-akibat, akibat-sebab, dan sebab-akibat 1-akibat 2. Muncul pola baru yaitu hubungan sebab-akibat 1-akibat 2-akibat 3, dan hubungan sebab-rangkaian akibat.

Full Text:

PDF

References

Febriani, Cholidia dan Abdul Haris Rosyidi. 2013. “Identifikasi Penalaran Induktif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika”. MATHEdunesa, Vol. 2 No 1: 1-6.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalaluddin. 2013. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: Second Edition. California: SAGE Publications.

Rizam, Masyithah Maghfirah. 2015. “Penalaran dalam Artikel Rubrik Opini Surat Kabar Harian Jawa Pos”. Kembara, Vol. 1 No 2: 2015-211.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soleymanpour, Javad dan Servin Kiadaliri. 2014. “Analysis of Social Sciences Textbook in Fourth and Fifth Grade of Elementary Schools Based on Integrated Thinking Skills”.

Arabian Journal of Business and Management Review (Oman Chapter), Vol. 4 No 5: 13-22.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriasumantri, Jujun S. 2010. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Waldi, Juli dkk. 2014. “Analisis Penalaran Induktif Dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan”. Jurnal Wisuda, Vol. 4 No 2: 1-6.

Article Metrics

Abstract view(s): 130 time(s)
PDF: 281 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.