EFEKTIVITAS MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF

Yasnur Asri

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v23i1.4320

Abstract

Dalam tahun-tahun belakangan ini, banyak pendapat dalam berbagai forum
menyatakan bahwa kompetensi menulis siswa-siswa kita mengalami penurunan.
Mereka tidak mampu menerapkan proses pembelajaran dalam komunikasi tertulis.
Secara umum, kemampuan ini diakibatkan oleh warisan sejarah nasional yang
terkait dengan konsep pendidikan kolonialisme, tradisi komunikasi lisan,
kebigungan dalam mengungkapkan ide atau gagasan, ketidakmampuan guru dalam
mengajar, panduan mata pelajaran dasar, dan model-model yang digunakan para
guru dalam menyampaikan pelajaran. Fenomena yang selalu menjadi pembahasan
utama dalam proses pembelajaran menulis perlu diatasi sehingga kondisi yang
tidak diinginkan dapat dipecahkan. Begitu pula, perlu menemukan penyebabnya
sehingga dapat dilakukan diagnosis sebagai proses terapi. Riset ini merupakan
salah satu upaya untuk memecahan permasalahan-permasalahan di atas.

Kata Kunci: kompetensi menulis, komunikasi tertulis, proces terapi

Full Text:

PDF

References

Bean.R. 1993. Cara Mengembangkan Kreativitas Anak. Terjemahan Meitasari Tjandrasa.

Jakarta: Bina Rupa Aksara. Csikszentmihalyi. 1996. Creativity. New York: Harper Collins Publishers.

Dietrich, Julia& Marjone M Kaiser 1985 Writing: Self Expression a Communication. New York : Harcourt Brace Javanovich. Publishers.

Ewald Helen R 1983. Writing as Proses: Invention and Convention. Columbi A Bell & Howel Company.

Gani. Rizanur .1992a. Kemampuan menulis Mund dan Emp Kelompok Usia di Sumatera Barat. (Laporan Penelitian) Padang: IKIP Padang.

Gani, Rizanur. 1992b. Keterkaitan Antara Tingkat Usia Peserta Didik dengan Kemampuan Menulis Eksposisi. Padang : FPBS IKIP Padang.

Gardner,H. 1993. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelegences. New York: Basic Book.

Hardjodipuro, Siswo. 1986. Metode PenelitianSosial I. Jakarta P2LPTK D Dikti Depdikbud.

Hartoko, Dick. 1988. Bahasa dan Kreattvitas. Jakarta: Depdikbud.

Jacobs. HoIK, dkk 1981. Testing ESL Composition: A Prac neat Approach Massachusetts: Newburv’ House Publisher Inc.

Joyce &Weih Bruce & Marsha. 1980. Model of Teaching. New Yersey: Prenli Hall International.

Munandar, S.C. Utami 1988. Seni Menulis Krafif. Jakarta: Depdikbud.

Munandar, S.C. Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Norusis, Marija J. 1986. Statistical Package for Social Sciences. Cmcago: SJ Inc.

Prayitno. 2010. Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG). Padang: UNP.

Rafi’uddin, A. 2003. Faktor Kreativitas dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa kelas 5 SD Islam Sabililah Malang. Penelitian RUT. Malang: Lembaga Penelitian.

Spandel, V & Stiggins, R J. 1990. Creating Writers, Lingking Assessment and Writing Instruction. New York & London : Longman.

Steinberg, R.J. dan Lubart, T.I. 1995. Defying the Crowd: Cultivating Creativity in a Culture of Confirmity. New York: The Free Press.

SubyakN., Sri Utah. 1988. Teknologi Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Sulaeman N., Sri Utah. 1988. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Thahar, Harris Effemdi. 2008. Menulis Kreatif: Panduan bagi Pemula. Padang UNP Press.

Xing, Xang Feng & Jin, Chen Shih. 1989. Techniques to Teach Writing Engglish Teaching Forum. Volume XXVII, Number 2, April H Washington, D.C.: U.S. Governement

Printing Office.

Article Metrics

Abstract view(s): 114 time(s)
PDF: 45 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.